Jalan Amblas , Lalulintas Ke Sorowako – Palopo Lumpuh Total

0 Komentar

UPOS,Luwu Timur – Jalan poros di Desa Karebbe Kec.Malili amblas sekitar 30 Meter, akibatnya arus lalulintas dari dan menuju Sorowako lumpuh total.

Imformasi dari Kepala Desa Karebbe Herman Zein , peristiwa ini terjadi sekitar pukul 13.15 wita.Tidak ada korban jiwa saat aspal tersebut amblas .

Luas tanah yang amblas ini diperkirakan sekitar 30 meter dengan kedalaman sekitar 10 meter.

Untuk mengatasi terputusnya akses utama ini, pemerintah desa Karebbe sudah berkoordinasi dengan PT Vale agar secepatnya membenahi jalan yang amblas tersebut.

Menurut Herman, sebelum kejadian besar ini, sudah terjadi penurunan permukaan tanah di sisi jalan yang mengarah ke sungai Malili.

Namun diluar dugaan ternyata amblasnya melebar sehingga memutuskan badan jalan menuju ke Sorowako.

” Memang kondisi tanah disekitar ini agak lembek, setiap tahun selalu terjadi penurunan permukaan tanah, selama ini bisa diatasi pihak Vale, tapi kali ini cukup parah amblasnya ” Ujar Herman, Rabu (19/02/2020) .

Akibat amblasnya jalan ini terjadi penumpukan kendaraan baik dari arah Sorowako Malili begitu juga dari arah Malili yang ingin ke Sorowako ,Wasuponda dan Towuti.

Diperkirakan antrian ini akan berlangsung lama karena Pembenahan jalan ini diperkirakan akan memakan waktu yang lama.

Kejadian ini juga akan berimbas pada pembukaan MTQ yang dijadwalkan di Kec.Towuti sore ini juga oleh Bupati Lutim. karena banyak peserta dan tamu yang mengarah ke Towuti tidak bisa melanjutkan perjalanannya.

Selain itu juga, pengiriman bijih nikkel dari PT Vale Sorowako ke Luar negeri juga terhenti. Demikian jugs para karyawan PT Vale juga tidak bisa masuk kerja akibat akses jalan yang terputus.
( UjungpandangPos/***)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment