Ini Saran Dirlantas Polda Sulsel Antisipasi Arus Balik Mudik Masuk Makassar

Dirlantas Polda Sulsel, Kombes Pol Faizal, SIK, MH. (Ist)

UPOS, Makassar – Arus balik usai lebaran Idul Fitri 1443 Hijriyah, diprediksi bakal memasuki puncaknya, pada Jumat (6/5/2022) hingga Minggu (7/5/2022).

Hal ini, tentunya akan menyebabkan kepadatan kendaraan yang masuk ke dalam Kota Makassar.

Untuk mengantisipasi hal itu, Dirlantas Polda Sulsel Kombes Pol Faizal, SIK, MH menyarankan, agar pengguna kendaraan untuk masuk ke Makassar di waktu-waktu tertentu.

“Kami mengimbau yang akan balik ke Makassar mengupayakan masuk dari arah Kabupaten Maros pada dini hari sampai subuh,” ungkap Dirlantas Polda Sulsel, Kombes Pol Faizal, Jumat (6/5/2022).

Dikatakannya, dimaksudkan untuk menghindari kepadatan kendaraan di Kota Maros, utamanya dari poros Kabupaten Pangkep. Selain itu, diharapkan agar pengendara bisa datang ke Makassar lebih awal.

Kombes Pol Faizal juga mengingatkan, kepada pengendara terhadap sejumlah titik rawan macet pada saat arus balik yang ada di Sulawesi Selatan.

Antara lain, untuk Kabupaten Gowa yakni Jembatan Kembar, Pasar Panciro, Pertigaan Kalukuang Boka, dan Pertigaan Limbung.

Sementara di Kabupaten Takalar, pertigaan Jl. Diponegoro, Pertigaan Tope Jawa. “Untuk di Kabupaten Jeneponto yakni, Jembatan Tamalatea. Di Kabupaten Maros berada di Jalan Poros Camba dan untuk di Makassar yakni di simpang lima Bandara,” bebernya.

Dalam mengantisipasi kepadatan itu, sejumlah upaya juga sudah dilakukan pihaknya. Antara lain, penggelaran personil di lapangan untuk melaksanakan pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patroli, melakukan rekayasa arus lalulintas diperlukan.

“Yakni meliputi, penyediaan jalur alternatif, pemberlakuan satu arah (One Way), permberlakuan lawan arah (Contra Flow), dan pengaturan APILL (alat pemberi isyarat lalu lintas),” tuturnya. (*)

Pos terkait