Ikuti Job Fit, Basmin Minta Pejabat Santai  

0 Komentar

UPOS, Makassar– Bupati Luwu, Basmin Mattayang, M. Pd, menghendaki akselerasi pembangunan berjalan lebih dinamis di Kabupaten Luwu. Salah satu upaya yang akan dilakukan orang nomor satu di Kabupaten Luwu yakni melakukan penataan dan penyegaran pejabat dilingkup OPD Pemkab Luwu dimana akan dilakukan rotasi besar-besaran.

Rencana rotasi pejabat eselon II lingkup Pemkab Luwu oleh Bupati Luwu H Basmin Mattayang ini diawali proses uji kompetensi atau Job fit yang diikuti sebanyak 22 pejabat eselon II lingkup Pemkab Luwu pada Kamis, (3/12) dan Jumat (4/12) yang dipusatkan di kantor UPT Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Propinsi Sulawesi Selatan di Makassar.

Dalam arahan saat sesi pembukaan pelaksanaan uji kompetensi (Job Fit), Basmin Mattayang mengatakan, pejabat JPT Pratama atau eselon ll yang hari ini mengikuti job fit tidak perlu berpikir macam-macam sekaitan pelaksanaan job fit ini, karena dilakukan semata-mata untuk melihat kemampuan kinerja pejabat untuk ditempatkan pada jabatan tertentu .

“Saya harapkan santai saja mengikuti kegiatan job fit ini. Pelaksanaan uji kompetensi ini adalah metode yang sangat objektif dalam melihat potensi pejabat untuk ditempatkan pada jabatan yang sesuai kemampuannya. Saya ingin berbagai pelayanan publik dapat dimaksimalkan kedepannya, “ungkap Basmin.

Basmin berharap pelaksanaan job fit di Makassar ini seluruh pihak yang terlibat tetap menerapkan protokol kesehatan menyikapi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

“Semua pejabat harus menerapkan protokol kesehatan Covid-19, sehingga usai kegiatan ini kita tetap steril dari Covid-19. Protokol kesehatan Covid-19 ini harus lebih ketat karena kita menghadapi perayaan tahun baru, dimana momentum ini kadang membuat kita bebas mau melakukan apa saja, “kata Basmin.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulsel, Ir H Imran Jausi, M.Pd dalam ssmbutannya menyatakan sangat mengapresiasi Pemkab Luwu yang mempercayakan pelaksanaan Job fit di gedung assessment center BKD Provinsi Sulsel di Makassar.

“Job fit adalah instrumen penting untuk menempatkan pejabat dalam jabatan sesuai potensi dan kompetensinya. Hasil penelitian menyebutkan, akurasi hasil assessment pejabat lewat job fit ini mencapai 67 persen dalam menempatkan pejabat sesuai potensi dan kompetensinya. Pejabat yang mengikuti job fit ini mengikuti serangkaian aktivitas diantaranya di uji dalam analisa kasus, psikotes, presentase dan wawancara kompetensi, “kata Imran Jausi.

Ketua Pansel Job fit yang juga Pj Sekda Luwu Drs Ridwan Tumba Lolo, M. Si kepada Harian Palopo Pos mengatakan,
proses uji kompotensi itu sesuai dengan Undang-undang Nomor 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil Negara (ASN) yang dijabarkan dalam Peraturan Pemerintahan (PP) Nomor 11 Tahun 2017, dimana mengatur bahwa pengisian jabatan pimpinan tinggi (JPT) di tingkat Kabupaten dilakukan melalui dua cara, yaitu dengan seleksi terbuka yang diikuti pejabat eselon III dan cara kedua melalui uji kompotensi yang diikuti pejabat JPT.

“ Uji kompotensi ini dilakukan dalam rangka untuk mengetahui kembali apakah kompetensi JPT tersebut masih sesuai dengan jabatan yang sedang didudukinya atau mungkin saja dari pengalaman, pendidikannya, bisa jadi ada jabatan lain yang lebih sesuai dengan kemampuannya, “Kata Ridwan.

Sebanyak 22 orang pejabat jabatan pimpinan tinggi (JPT) pratama lingkup Pemkab Luwu yang mengikuti uji kompetensi (Job fit) diantaranya Achmad Awwabin S.STP, M.Si (Kadis Damkar), Johan Daido S.Sos, M.Si (Kadis Pertanahan), Sakri S.Pi, M.Si (Kepala Inspektorat), Ir Saiful Abdul Latief, ST, MM (Kadis Nakertrans), Ir Baharuddin (Asisten Administrasi Umum), Drs Hasbullah (Kadis Perpustakaan), Ir H Zainal Said, MM (Kadis Pariwisata), Tandiraja SP, M.Si (Kadis Ketahanan Pangan), Rakhmat Arifuddin (Stag Ahli Bidang Ekonomi), Drs Andi Baso Tenriesa M.PA, M.Si, (Saf Ahli Bidang Pemerintahan), Rahman Mandaria SH, MH (Kepala BPBD).

Kemudian, Ahyar Kasim SH, MH (Sekwan DPRD Luwu), Drs Muhammad Rudi M.Si (Kepala Bappelitbangda) Drs Alamsyah M.Si (Kadis Pemuda dan Olahraga), Andi Iskandar S.Sos (Kepala Satpol-PP) Drs Amang Usman MM (Kadis Dikbud), Anwar Usman S.Sos (Kadis Kominfo), Yermia SE (Asisten Pemerintahan dan Kesra), Andi Fatahillah S.Pi, MM (Kadis Perikanan), Drs Rudi R Dappi Rahim M.Si (Kadis Koperasi dan UKM) dan Kepala BKPSDM Luwu Drs H Sulaiman, MM, Andi Palanggi S.STP (Asisten Ekonomi Pembangunan).

Penulis : *
Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment