IDI Beri Peringatan, Pemerintah Diminta Waspada

  • Whatsapp

Jubir Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Erlina. (Antara)

UPOS, Jakarta – Ikatan Dokter Indonesia (IDI), memberikan peringatan kepada pemerintah terkait menyebarnya varian baru Covid-19 jenis Mu di beberapa negara.

Juru Bicara (Jubir) Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Erlina, varian baru Covid-19 jenis Mu telah menyebar di 40 negara.

“Mutasi ini ada terus, yang paling dominan adalah memang Delta itu betul. Varian Mu juga sudah ada, itu berasal dari Amerika Selatan, Kolombia,” kata Erlina, saat memberikan keterangan pers melalui kanal Youtube BNPB, Kamis (30/9/2021).

Menurut Erlina, penyebaran Covid-19 jenis Mu itu wajib diwaspadai pemerintah. Ia juga meminta agar pemerintah belajar jangan sampai varian baru Covid-19 masuk Indonesia seperti varian Delta.

“Harus waspada, varian Mu yang terakhir yang terbaru itu sudah sampai Malaysia. Negara tetangga kita. Jangan sampai (seperti) Delta lagi, dulu sampai India kita tenang-tenang akhirnya masuk,” ungkapnya.

Erlina menjelaskan, walaupun varian Mu ini masuk belum termasuk varian of concern (VoC), namun bisa berpengaruh terhadap penularan yang pesat dan derajat keparahan, juga efektivitas vaksin.

“Bahaya penularan membuat penyakit tingkat derajat berat, lebih berat dan juga berpengaruh terhadap vaksinasi,” terangnya. (*)

Pos terkait