IAS Hadir di HUT PMTI, Tokoh Toraja : Susah dan Senang. Bukan Saat Mau Pilkada Saja

Ilham Arief Sirajuddin (IAS) saat menghadiri HUT Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) ke-18, di Rantepao, Toraja Utara, Sabtu (23/4/2022). (Ist)

UPOS, Toraja Utara – Titik pertama road show Politisi Sulsel, Ilham Arief Sirajuddin (IAS) ke lima daerah diawali dengan hadir pada HUT Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) ke-18, di Rantepao, Toraja Utara, Sabtu (23/4/2022).

Kehadiran IAS mendapat respons sejumlah tokoh masyarakat Toraja.

Puncak HUT PMTI dihelat, di halaman BPS Gereja Toraja, Rantepao. HUT berlangsung meriah dengan berbagai pertunjukan seni adat Toraja.

“Kita sebagai warga Toraja tentu sangat bersyukur IAS menyempatkan hadir di Toraja,” ujar tokoh masyarakat Toraja, Cristian Lambe, di sela-sela resepsi tersebut.

Anggota DPRD Tana Toraja ini melanjutkan, “Kehadiran ini membuktikan beliau sebagai tokoh Sulsel bukan hanya menghargai masyarakat Toraja, tapi berani selalu ada bersama masyarakat Toraja dalam susah dan senang. Bukan saat mau pilkada saja,” ungkap Cris.

Ilham Arief Sirajuddin (IAS) saat menghadiri HUT Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) ke-18, di Rantepao, Toraja Utara, Sabtu (23/4/2022). (Ist)

Sebagai warga Toraja, Cris mendoakan IAS bisa sukses dengan apa yang dicita-citakannya ke depan, termasuk soal sikapnya yang akan bertarung di pilgub 2024 mendatang. “Sukseski’ dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab ke depan Pak IAS. Kurru sumanga,” ucapnya.

Tokoh masyarakat Makassar berdarah Toraja, Mario David mengamini tingginya perhatian IAS ke masyarakat Toraja, apalagi pada mereka yang berdomisili di Makassar.

“Sangat mesra. Dan sudah terbukti dalam berbagai keadaan, IAS saat menjabat wali kota di Makassar bisa melindungi semua kelompok. Tidak membeda-bedakan kelompok mayoritas atau minoritas,” tegas anggota DPRD Makassar tersebut.

Ketua Umum PMTI, Mayjend TNI (Purn) Yulius Silvanus Lumba, menjadi tokoh utama HUT tersebut. Menebar ucapan terima kasih kepada hadirin, lalu menegaskan siap mengantar PMTI menjadi wadah pemersatu masyarakat Toraja di manapun berada.

Sebelumnya, Ketua Umum PMTI Mayjen TNI (Purn) Yulius Silvanus Lumba, jelaskan hasil Mubes PMTI ke-4, “Saya terpilih ketua setelah pensiun TNI tanggal 1 Oktober 2021, saya adalah cucu dari pahlawan Toraja Pongtiku dari Pangala,” bebernya.

IAS sebelum tinggalkan lokasi kepada media menjelaskan, HUT Ke-18 PMTI sudah matang dan dewasa menata pembangunan didua daerah bertetangga Tana Toraja dan Toraja Utara.

“Saya hadir bagian dari warga Toraja asal Batualu Sangalla, Tana Toraja, bangga dan haru PMTI pulang kampung berpartisipasi pembangunan didaerah tujuan wisata ini,” terang IAS.

IAS tidak menampik kesiapannya maju sebagai calon Gubernur, setelah mendapat dukungan dari keluarga, termasuk di Toraja. “Saya sudah roadshow kepada semua keluarga di Sulsel minta dukungannya, termasuk keluarga PMTI,” tutur IAS.

Acara hiburan didominasi pertunjukan tari dan paduan suara. Cukup menghibur deretan tokoh Toraja yang ambil bagian dalam kesempatan itu, di bawah tenda berjejer di Tongkonan Sangulele.

Deretan tokoh yang hadir di antaranya anggota DPD RI, Lily Amelia Salurapa, Mathius Salempang, bupati dan wakil bupati Mamasa, sejumlah legislator DPRD Sulsel dan kabupaten kota. (*)

Pos terkait