HUT PMI ke 77, Jusuf Kalla : Terus Berbuat Kebaikan

Palang Merah Indonesia (PMI), memperingati hari jadi yang ke-77 yang bertepatan pada hari ini, Sabtu, 17 September 2022. Di Indonesia, peringatan tersebut digelar di halaman Gudang Markas PMI, Jalan Gatot Subroto. (Ist)

UPOS, Jakarta – Palang Merah Indonesia (PMI), memperingati hari jadi yang ke-77 yang bertepatan pada hari ini, Sabtu, 17 September 2022. Di Indonesia, peringatan tersebut digelar di halaman Gudang Markas PMI, Jalan Gatot Subroto.

Peringatan hari jadi ke 77 tersebut, diawali dengan pelaksanaan upacara yang dipimpin Ketua Umum PMI Pusat, Jusuf Kalla (JK). Menurut Wakil Presiden RI ke 10 dan 12 tersebut, tema tahun ini mengangkat tentang pentingnya berbuat kebaikan secara terus menerus.

“Tema tahun ini adalah Terus Berbuat Kebaikan. Bukan hanya di Indonesia yah, tapi secara internasional. Pesannya adalah agar terus melakukan pengabdian dan berbuat kebaikan terus menerus,” kata JK, kepada wartawan usai upacara.

Untuk menguatkan pengabdian dalam melakukan kebaikan tersebut, JK menyatakan jika PMI selama ini telah melakukan persiapan. “Untuk menguatkan itu, PMI telah melakukan persiapan, melengkapi peralatan, kesiapan relawan dan itu telah berjalan selama ini,” kata JK lagi.

Saat ditanya terkait sumber dana PMI, JK menjelaskan jika selama ini, lembaga sosial yang menerima sumbangan dana, baik dari pengusaha, perusahaan maupun pemerintah. Selanjutnya PMI menyalurkan bantuan yang dititipkan tersebut ke masyarakat yang membutuhkan.

“Jadi PMI itu perantara, yang menjadi tangan di bawah, tapi juga sekaligus berfungsi sebagai tangan di atas yang menyalurkan dana bantuan ke yang membutuhkan,” terang JK, yang juga Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia tersebut.

Sementara itu, usai upacara bendera, sejumlah relawan PMI melakukan simulasi penanganan kecelakaan lalulintas saat arus mudik.

Pada kesempatan sama, PMI kembali mendapat kepercayaan yakni menerima mobil tangki air masing-masing Satu unit dari Kadin Indonesia dan PT Kalbe Farma. (*)

Pos terkait