Hanura Tak Mau Kalah, Hampir Pasti Ke Husler

0 Komentar

UPOS, Luwu Timur – Partai Hanura Kabupaten Luwu Timur, Hampir bisa dipastikan akan mendukung Muhammad Thorig Husler sebagai Calon Bupati Luwu Timur di Pilkada 23 September 2020.

Dalam konvensi yang dilaksanaka DPC Hanura Luwu Timur hanya Husler calon Bupati yang mengikui Fit and Proper tes di Hotel Sikumbang. Selasa ( 4/02/2020).

Fit and proper tes ini langsung di pimpin Sekretaris DPD Hanura Povinsi Sulawesi Selatan, Affandi Agusman Aris.

Dalam Fid and Proper tes tersebut Affandi meminta Husler menjelaskan trik Husler untuk meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Lutim dan Menekan Angka Pengangguran.

Dua pertanyaan ini mampu dijawab Husler dengan gamblang karena Husler sangat menguasai hal tersebut.

Menurut Husler, untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Lutim Lima tahun kedepan adalah fokus pada pengembangan ekonomi kerakyatan.

Sektor tambang selama ini diakui menjadi pemasok PAD terbesar. Namun Lutim kata Husler tidak boleh mengandalkan sektor tambang semata.

Olehnya itu sektor pertanian dalam arti luas akan diporsil menjadi sektor ekonomi baru di Lutim. Pemilihan sektor ini didasarkan pada potensi yang ada di Lutim. Dimana Lutim sebahagian besar masyarakatnya hidup dengan bertani, berkebun, dan nelayan.

” Untuk diketahui nilai eksporr terbesar Provinsi Sulsel dipasok dari Lutim, didalamnya ada tambang dan pertanian dalam artu luas. ” Terang Husler

Selain itu ada juga sektor pariwisata yang juga akan menjadi pertumbuhan ekonomi buat Lutim.

Syarat utama untuk menjadikannya sebagai pertumbuhan ekonomi baru yang harus dipersiapkan adalah infra struktur.

Jalan dan jembatan sudah kami bangun, peralatan moderen di sektor pertanian ,perkebunan sudah di salurkan kepada seluruh kelompok tani, termasuk memberikan bibit , pembuatan irigasi.

” Berdasarkan hitungan saya di lima tahun kedepan ini sudah bisa dilihat hasilnya , produktivitas hasil nya akan meningkat dan saya optimis Lutim akan mencapai peningkatan Pertumbuhan ekonomi sampai 6 persen ” Terang Husler

Untuk pengangguran, Husler mengakui saat ini masih ada pengangguran di Lutim sekitar 2 persen.

Untuk menanggulanginya, Husler menerangkan sudah melakukan pengiriman tenaga kerja potensial untuk mengikuti berbagai pelatihan.

Mereka yang sudah terlatih ini dipersiapkan untuk mengisi lapangan kerja manakala ada penerimaan tenaga kerja di sejumlah perusahaan di Lutim.

” Selama ini Pemkab Lutim melarang pihak perusahaan merekrut tenaga kerja tanpa koordinasi dengan Pemkab Lutim, tujuannya agar mereka yang terlatih ini bisa di drop bekerja dengan skill yang mereka miliki ” Ungkap Husler

Selain itu mengupayakan pembukaan lapangan kerja lewat investor. Saat ini banyak investor yang ingin berinvestasi di Lutim .Terakhir di Angkona akan dibangun Pabrik Sawit . Sudah pembebasan lahan ditargetkan akhir 2020 sudah beroperasi dan tentunya akan butuh tenaga kerja.

Lewat kebijakannya Husler juga melarang pihak investor merekruit tenaga kerja tanpa mendahulukan tenaga kerja yang ada di Lutim.

” Saya perjelas itu angka pengangguran 2 persen itu pengangguran terbuka. Maksudnya tidak semua pengangguran ini warga asli Lutim, tapi warga dari Luar yang datang ke Lutim , menjadi penduduk Lutim karena ada lapangan kerja terbuka di Lutim ” Jelas Husler

Affandi dalam pidatonya, mengatakan Hanura tidak mau mengusung calon bupati yang kalah.

Olehnya itu ia meminta kelak jika calon bupati yang di Usung Hanura itu menang, maka bupati tersebut juga bisa membantu Hanura. ” Jika saat ini tiga kursi lima tahun kedepan bisa bertambah 4 Kursi ” Kata Affandi

Selanjutnya Pilkada 2020 ini selain mengusung calon Bupati Berkualitas juga yang paling penting adalah Finansialnya.

Karena persoalan geo politik inilah membuat Pilkada ini sangat mahal. (UjungpandangPos/***)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment