Gugah Nurani, Aliyah Mustika Ilham Paparkan Dampak Stunting

Anggota DPR RI, Aliyah Mustika Ilham menggelar sosialisasi BBKBN KIE, percepatan penurunan stunting, di Kecamatan Ujung Pandang, Sabtu (19/11/2022). (Ist)

UPOS, Makassar – Anggota DPR RI, Aliyah Mustika Ilham menggugah hati nurani masyarakat Kecamatan Ujung Pandang, untuk bersama lebih fokus dan konsisten mencegah terjadinya stunting.

Demikian diungkapkan, saat memaparkan dampak jangka pendek dan jangka panjang jika anak terkena ataupun terlahir stunting, saat menggelar sosialisasi BBKBN KIE, percepatan penurunan stunting, Sabtu (19/11/2022).

“Gunakan nurani ta’ sebagai orang tua, apa kita tega melihat anak-anak kita merasakan dampaknya, karena kurangnya perhatian kita saat mereka masih kecil ataupun masih dalam kandungan,” ujarnya.

Beberapa dampak jangka pendek seperti terganggunya perkembangan otak, pertumbuhan fisik, kecerdasan, dan gangguan metabolisme pada tubuh. Sedangkan untuk jangka panjangnya yaitu mudah sakit, munculnya penyakit diabetes, penyakit jantung dan pembuluh darah, kegemukan, kanker, stroke, disabilitas pada usia tua, dan kualitas kerja yang kurang baik sehingga membuat produktivitas menjadi rendah.

“Kita semua berharap, anak-anak kita dapat tumbuh menjadi anak yang berguna, berbakti kepada orang tua, lingkungan sekitarnya, bangsa dan negara. Jangan biarkan harapan itu pupus hanya karena kelalaian kita di 1000 hari kelahirannya,” lanjut Aliyah.

Sosialisasi ini dihadiri oleh Lurah Pisang Selatan, Andi Riha Pallawagau, S.Sos, MM, serta menghadirkan dua narasumber yakni Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulsel, Andi Ritamariani, M Pd, dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Makassar, Chaidir, S.Stp, M.Si. (*)

Pos terkait