Gempa M 7,4 Di Larantuka NTT, Berpotensi Tsunami

  • Whatsapp

(BMKG)

UPOS, Kupang – Gempa magnitudo 7,4 mengguncang Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (14/12/2021).

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kupang Margiono mengatakan, gempa terjadi pada pukul 11.20 Wita.

Berpotensi Tsunami

Lokasi gempa bumi terletak pada 7.59 derajat lintang selatan dan 122,26 derajat bujur timur. Pusat gempa bumi berada pada 112 kilometer arah barat laut Larantuka, Kabupaten Flores Timur, dengan kedalaman 12 kilometer.

“Gempa ini berpotensi tsunami,” ujar Margiono kepada Kompas.com.

Hingga saat ini, belum ada laporan terjadinya kerusakan akibat gempa bumi tersebut.

“Nanti akan kami informasikan perkembangan gempa selanjutnya,” katanya.

Warga di Maumere dan Ende, panik serta lari berhamburan mencari tempat perlindungan.

Air Laut Naik

Esty, warga Kota Maumere Kabupaten Sikka, mengatakan, semua warga lari mencari perlindungan ke tempat yang lebih tinggi karena air laut naik.

“Saya sekarang lagi di kantor, mau pulang ke rumah tapi jalan macet akibat semua warga lari mengungsi. Saya juga tidak tahu kondisi anak-anak saya yang sedang berada di rumah,” ujar Esty.

Esty mengungkapkan, rumah warga di Maumere saat ini kosong ditinggalkan pemiliknya, karena lari ke tempat yang lebih tinggi.

Dia berharap doa dari warga NTT lainnya, sehingga tidak terjadi apa-apa. “Kami saat ini sedang lari menuju ke ketinggian,” ujarnya.

(BMKG)

Sirine Dibunyikan

Hal senada juga disampaikan Dewi, warga Kota Ende, Kabupaten Ende. Dewi pun mengaku, semua warga Ende juga saat ini mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“Tadi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Ende sudah membunyikan sirine, sehingga semua warga mengungsi ke ketinggian,” kata dia.

Diketahui pula, BMKG menginformasikan, peringatan dini tsunami dikeluarkan untuk Maluku, NTB, NTT, Sulsel, Sultra.

Gempa tersebut terjadi pukul 10.20 WIB, Selasa 14 Desember 2021. Lokasi gempa 7.59LS,122.26BT dengan kedalaman 12 Km. (*)

Pos terkait