Gantikan Frank Lampard, Thomas Tuchel Diprediksi Hanya Bertahan Sebegini

0 Komentar

LONDON – Thomat Tuchel digadang akan menggantikan Frank Lampard yang baru saja dipecat Chelsea. Namun, Tuchel diprediksi akan bertahan melatih The Blues paling lama selama dua tahun.

Chelsea resmi memecat Frank Lampard setelah kalah lima dalam delapan pertandingan di terakhir Liga Inggris 2020-2021. Hasil tersebut membuat klub asal London itu bertengger di posisi kesembilan dalam klasemen Liga Inggris.

Lampard sebelumnya mengantarkan Chelsea finis empat besar Liga Inggris musim lalu dan masuk final Piala FA saat debutnya pada musim 2019-2020. Namun, dia tidak berhasil mengeluarkan kemampuan terbaik skuadnya meski Chelsea sudah mengeluarkan lebih dari 220 juta pound untuk membeli pemain-pemain baru.

Lampard didepak dari kursi kepelatihan kurang dari 24 jam setelah Chelsea mengalahkan Luton Town 3-1 pada Minggu 24 Januari 2021. Kemenangan tersebut membuat timnya berhak mencapai babak kelima Piala FA 2020-2021.

Pemecatan Lampard menimbulkan spekulasi siapa penggantinya. Nama Thomas Tuchel menjadi salah satu pelatih yang paling difavortikan menggantikan Lampard.

Tuchel sendiri kini sedang mengangggur usai dipecat Paris Saint-Germain pada Desember 2020. Padahal, dia adalah pelatih yang berhasil membawa raksasa Prancis untuk pertama kalinya mencicipi final Liga Champions meski kalah di partai puncak dari Bayern Muncih.

Sebelum melatih PSG, Tuchel merupakan pelatih Borussia Dortmund. Di kub asal Jerman itu, dia melatih sejak 2015-2017.

Eks pemain Manchester United, yang kini jadi pakar sepakbola, Gary Neville memprediksi bahwa Thomas Tuchel tak berlangsung lama. Dia menilai berdasarkan jejak rekam Chelsea yang kerap memecat pelatih meski bisa memberikan trofi bagi klub.

“Dia tambahan yang bagus untuk Liga Premier. Jika Tuchel masuk, dia akan dihadapkan pada aturan yang persis sama dengan Frank (Lampard), dan kita akan membicarakan tentang pemecatannya dalam 18 bulan hingga dua tahun ke depan, saya cukup yakin itu,” katanya mengutip Sport Bible, Selasa (26/1/2021).

Hanya Jose Mourinho (dua kali) yang bertahan selama dua tahun sebagai pelatih Chelsea dalam 15 tahun terakhir. Bahkan pelatih seperti Antonio Conte dan Carlo Ancelotti, yang berhasil memberikan trofi Liga Inggris dan Piala FA untuk Chelsea hanya bertahan selama dua tahun.

“Itu Chelsea, itulah yang dilakukan Chelsea. Frank bukan korban dari performa buruknya sebagai pelatih. Frank hanyalah seseorang yang telah terpapar model Chelsea yang melepaskan manajer setiap 12 hingga 18 bulan jika segala sesuatunya tidak berjalan seperti yang mereka inginkan. Itu adalah standar yang cukup tinggi yang mereka jalani,” lanjutnya.

Penulis : *
Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment