Forkopimda Luwu Ramaikan Syukuran HUT Bhayangkara

UPOS, Luwu– Kepolisian Resort Luwu menggelar Perayaan Syukuran Hari Jadi Bhayangkara Ke 76 tahun 2022 di halaman Mapolres Luwu, Selasa (5/7/2022). Meski digelar secara sederhana namun tidak mengurangi kekhidmatan Peringatan HUT Bhayangkara.

Sejumlah tamu undangan nampak hadir diantaranya, Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu, Drs. H. Sulaiman, MM, Wakil Ketua I DPRD Luwu, Andi Mappatunru, Kajari Luwu, Andi Usama Harun, Ketua Pengadilan Negeri Belopa, Andi Adha, S.H, Ketua Pengadilan Agama Belopa, Dr. Wildana Arsyad, Pabung Luwu, Kapten CBA Marthen Luther serta Tokoh Agama dan masyarakat.

Acara diawali dengan Upacara Peringatan HUT Ke – 76 Bhayangkara yang dilakukan secara virtual. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menjadi inspektur upacara pada HUT ke-76 Bhayangkara, yang dipusatkan di Akademi Kepolisian, Semarang Jawa Tengah.

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi menghimbau jajaran Polri agar bekerja secara hati-hati dengan presisi, karena setiap kecerobohan sekecil apapun dilapangan bisa merusak kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri.

“Dalam sebuah pemberitaan, 58,3 persen responden menyatakan tindakan Polri sudah sesuai dengan visi presisi, tapi ingat ada 28,6 persen menyatakan belum selesai. Seluruh rakyat Indonesia menaruh harapan besar kepada Polri”, kata Jokowi.

Menurutnya, Kewenangan Polri sangat besar, Organisasi Polri menembus sampai ke tingkat desa dan setiap hari anggota Polri bersentuhan langsung dengan masyarakat, bersentuhan langsung dengan rakyat. Dimanapun bertugas anggota Polri selalu dalam pengamatan rakyat dan selalu dalam penilaian. Rakyat menilai apakah perilaku Polri sesuai dengan harapan rakyat atau tidak. Olehnya itu dibutuhkan kerja yang professional dalam mengayomi, menjaga dan melindungi masyarakat.

Usai upacara secara virtual, acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan syukuran HUT Ke 76 Bhayangkara lingkup Polres Luwu. Dalam sambutannya, Kapolres Luwu, AKBP Fajar dani Susanto menyampaikan permohonan maaf jika dalam melaksanakan tugas-tugas pokok personil Polres Luwu terdapat salah dan khilaf.

“Saya selaku pimpinan Polres Luwu menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Luwu apabila selama 1 tahun berjalan, mulai 1 Juli 2021 sampai dengan 1 Juli 2022 banyak khilaf, banyak kesalahan dari personel Polres Luwu dalam melaksanakan tugas pokok sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat terutama dalam penegakan hukum, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya”, kata AKBP Fajar dani Susanto.

Dirinya berharap mendapat dukungan semua pihak sehingga keamanan dan ketertiban di Kabupaten terus terjaga. Secara bersama-sama menjaga kondisi daerah tetap kondusif terutama menghadapi tahapan pemilihan umum yang akan dilaksanakan secara serentak pada tahun 2024 mendatang
Sementara itu, Mewakili Bupati, Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran Polres Luwu di bawah Komando Kapolres Luwu, AKBP Fajar dani Susanto.

“Insya Allah ke depan, Kepolisian Negara Republik Indonesia lebih memberikan sesuatu yang terbaik untuk masa depan bangsa dan negara ini, apalagi kita tahu bahwa 2 tahun terakhir kita dilanda pandemic Covid-19, dan patut disyukuri atas kepemimpinan bapak Kapolres selaku Ketua Harian Satgas penanggulangan Covid-19 sehingga kita bisa merasa aman di Kabupaten Luwu, bahkan terdepan dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19, sehingga atas nama Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Luwu kami ucapkan terima kasih dan apresiasi yang seting-tingginya kepada Pak Kapores beserta jajarannya”, ujar H Sulaiman.

Selain kepada Kapolres Luwu, Sekda Luwu juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kajari Luwu selaku Ketua PEN Luwu yang turut memberikan andil besar terhadap Pemulihan Ekonomi di kabupaten Luwu selama masa pandemic Covid-19.(*)

Pos terkait