FASI XI, Peserta Asal Luwu Ini Sabet Juara 2

0 Komentar

UPOS, Luwu– Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) XI tingkat Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) yang diselenggarakan selama 3 hari, (28 November – 1 Desember 2020) di Kabupaten Wajo dan diikuti oleh 24 Kabupaten/Kota se Sulsel secara virtual, resmi ditutup oleh Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, Selasa (1/12/2020).

Pada event yang dilaksanakan setiap 3 tahun ini, peserta asal Luwu, Ahmad Asyura Mashuri (12) siswa pesantren Nurul Jannah Banawa, Kecamatan Suli berhasil menyabet Juara II, pada cabang lomba Tilawah Al-Qur’an Tingkat TQA Putera dan Juara Harapan II, Cabang Lomba Tahfidz Juz ‘Amma/Hafalan Juz ‘Amma Putera. Peserta lainnya, Zidanne Farahdiba Ashar (9), siswi MIS Belopa, berhasil meraih Juara Harapan II, pada Cabang lomba ceramah Islami/ eramah bahasa Indonesia puteri.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Sulsel menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan FASI XI tingkat Provinsi. Menurutnya, ajang ini dapat dijadikan sebagai wadah untuk menciptakan generasi yang berakhlak mulia sejak dini.

“Sehebat apapun infrastruktur fisik yang kita bangun, menjadi tak berguna jika kita gagal menciptakan sumber daya manusia yang berkarakter dan berakhlak mulia. Kita berharap, melalui FASI ini, kita dapat menselaraskan dengan program strategis Pemprov Sulsel, yakni satu desa satu penghafal Al Quran. Pemprov Sulsel sendiri akan mengalokasikan anggaran tahun 2021, pemberian insentif bagi 10 ribu guru mengaji di Sulsel, ”kata Andi Sudirman Sulaiman.

Sementara itu, Ketua Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Luwu, Azhar Sabri menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab luwu, yang telah mendukung penuh BKPRMI untuk mengikuti event FASI XI.

“Kami sangat berterima kasih atas dukungan Bapak Bupati Luwu terutama kepada Dinas kominfo yang sangat luar biasa partisipasinya dalam menyiapkan fasilitas IT agar para peserta FASI asal Kab Luwu dapat mengikuti lomba secara virtual. Meski belum bisa mencapai peringkat 10 besar, tapi adik-adik peserta sudah berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik, ”ucap Azhar Sabri.

Hal senada diungkapkan pula Direktur Daerah LPPTKA BKPRMI Kab. Luwu, Gamar Mansyur. Menurutnya, Event FASI XI menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas pembinaan santri TPA/TQA di Kabupaten Luwu serta menjadikan sebagai motivasi untuk mempersiapkan santri agar lebih siap bertanding di ajang FASI selanjutnya.

FASI XI tahun 2020 tingkat Provinsi Sulsel diikuti oleh 705 santri dalam 3 kelompok usia yakni santri TKA, usia 5-7 tahun, santri TPA, usia 7-12 tahun dan santri TQA, usia 12-15 tahun. dengan Cabang Lomba di antaranya Tartil Al-Quran, Tilawah, Tahfidz Juz Amma, Ceramah Islami, Kisah Islami, Cerdas Cermat Al-Quran, Kaligrafi, Mewarnai dan Nasyid Islami.

Penulis : *
Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment