Dinsos Sulsel Kirim Logistik untuk Korban Gempa di Selayar

  • Whatsapp

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), melalui Dinas Sosial (Dinsos) Sulsel, kembali mengirimkan bantuan bagi korban gempa di Kabupaten Kepulauan Selayar, Jumat (17/12/2021). (Ist)

UPOS, Selayar – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), melalui Dinas Sosial (Dinsos) Sulsel, kembali mengirimkan bantuan bagi korban gempa di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Bantuan tersebut berupa matras 525 sebanyak 25 lembar, selimut (50 lembar), family kit 576 (50 paket), kids ware (15 paket), food ware 576 (20 paket), tenda gulung (50 paket), kasur (20 lembar), dan beras (1 ton).

Logistik bantuan yang berada di Pelabuhan Bira, Kabupaten Bulukumba, selanjutnya diangkut dengan menggunakan fery menyeberang ke Selayar.

Dari Kota Benteng Selayar, kemudian diantar dengan kapal laut selama 18 jam menuju ke daerah terdampak 115 mil laut dari Benteng.

“Bersama tim Kemensos akan menyeberang lewat fery ke Selayar jam pukul 08.00 Wita hari ini menuju Kota Benteng, untuk membawa logistik untuk korban dan selanjutnya akan ke lokasi terdampak,” jelas Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulsel, Andi Irawan Bintang, Jumat (17/12/2021).

Upaya lainnya, mobilisasi dapur umum telah dilakukan oleh Pemda Selayar. Selanjutnya, Kemensos juga akan mengirimkan bantuan enam truk dan Dinas Sosial Provinsi satu mobil ranger.

“Sebelumnya sudah dikirimkan ke Dinas Sosial Selayar buffer stock dan satu ton sudah diterima di Ibu Kota Selayar melalui Bulog setempat,” ujarnya.

Sebelumnya, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menyampaikan rasa duka dan prihatinnya atas bencana gempa yang terjadi, yang juga telah berdampak korban di Kepulauan Selayar dan terkhusus di pulau terluar yang dekat dengan pusat gempa di Nusa Tenggara Timur (NTT). Upaya penanganan dan bantuan dilakukan secepat mungkin.

“Sudah mengistruksikan kepada BPBD dan Dinas Sosial untuk menyalurkan bantuan sesegera mungkin. Telah berkoordinasi dengan Bupati Selayar dan juga seluruh jajaran untuk memastikan bantuan medis kepada korban luka dan membantu sistem dapur umum dan logistik yang terdampak gempa,” terangnya.

Pemprov Sulsel akan selalu berupaya dalam upaya pemulihan, termasuk fasilitas umum yang ada di kepulauan tersebut. Juga akan memberikan bantuan pemulihan pasca bencana kepada yang terdampak.

“Tentu kami akan meminta kepada Bupati Selayar untuk melakukan usulan kepada kami. Kemudian membantu pemulihan, termasuk pembangunan infrastruktur yang terdampak dan membantu keluarga korban,” jelasnya. (*)

Pos terkait