Dialog Interaktif Kopi Luwu, Prospek Go Internasional

  • Whatsapp

Dialog interaktif komunitas kopi Luwu, di lokasi Pekan Produk UMKM IKM Barambing, Suli, Kabupaten Luwu, Sabtu (2/10/2021) malam. (Ist)

UPOS, Luwu – Satuan Tugas percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (Satgas PEN) Kabupaten Luwu Tahun 2021, menggelar dialog interaktif komunitas kopi Luwu.

Berlangsung di lokasi Pekan Produk UMKM IKM Barambing, Suli, Kabupaten Luwu, Sabtu (2/10/2021) malam.

Dialog mengangkat tema ‘Menyoal Kopi Luwu untuk Prospek Go Internasional’, menghadirkan pembicara antara lain Kepala Bapenda Kabupaten Luwu Drs. Muh Rudi, M. Si, Kepala Desa Bonelemo Baso, SH, penggiat kopi Luwu Abdul Thayyib Wahid R, dan menghadirkan eksportir Kopi Luwu yang berasal dari Amerika, yakni Mr. David.

Ketua Satgas PEN Kabupaten Luwu, Erni Veronica Maramba, dalam sambutannya mengatakan, kopi Luwu merupakan produk unggulan, maka disediakan tempat khusus.

“Bersyukur kita melakukan dialog malam ini dengan tema ini, artinya memang saya pikirkan dan saya sampaikan kepada panitia, cocok ngak ini, artinya visinya dulu yang besar go internasionalnya, nah kalau seperti itu apa yang menjadi keunggulan kopi Luwu sehingga dia bisa go internasional?” ucapnya.

Menurutnya, sampai saat ini kopi Luwu hanya dikenal di Luwu saja, padahal kopi Latimojong dengan ciri khas wangi dan kualitasnya tak kalah dengan kopi dari daerah lain.

“Jangan sampai kopi Luwu yang begitu bagus tidak ditampilkan karena yang muncul sudah punya nama kopi Toraja, nah bagaimana sekarang yang memikirkan adalah orang Luwu sendiri, supaya brand kopi Luwu muncul bukan hanya menasional tetapi go internasional sesuai dengan tema kegiatan kita,” paparnya.

“Saya berharap rekomendasi dari dialog interaktif hari ini, kita akan melakukan kiatnya, aksinya dan dievaluasi, tugasnya pak Rudi untuk membicarakan ke pihak Pemkab Luwu,” jelasnya, yang dialog juga menghadirkan para awak media.

Erny yang juga Kepala Kejaksaan Negeri Luwu itu berharap, kalau Kopi Luwu ini masuk kedalam pasar Digital dulu, agar bisa dilihat oleh pencari dan penikmat Kopi baik dalam negeri maupun luar negeri.

Mr. David menuturkan, kalau dia memilih Luwu untuk usaha Kopi karena Kopi yang ada di Luwu ini kualitasnya tidak kalah bagus dengan kopi-kopi yang ada di daerah lain di Indonesia.

“Kopi Luwu ini punya kualitas bagus dan itu sudah kami buktikan di Festival Coffee Nasional dan Kopi kami yang berasal dari Luwu itu meraih juara II tingkat Nasional,” beber Mr. David.

Dijelaskannya, kalau Kopi Luwu ini sudah mereka pasarkan kebeberapa negara didunia, termasuk negara asalnya, yakni Amerika.

Dialog juga menghadirkan, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Ahyar Kasim, dan beberapa kepala OPD Pemkab Luwu, beberapa Kepala Desa, komunitas pencinta kopi, Petani Kopi Luwu, pelaku UMKM. (*)

Pos terkait