Demi Luwu Timur, Husler Siap Selaraskan Visinya Dengan Kehendak Presiden

0 Komentar

UPOS,Luwu Timur – Demi percepatan pembangunan di Kabupaten Luwu Timur, Bupati Luwu Timur, Muhammad Thorig Husler menyatakan siap mengamankan dan melaksanakan kebijakan Presiden yang mengharuskan singkronisasi Rencana Pembangunan Luwu Timur dengan rencana pembangunan di Pemerintah Pusat. Sebab dengan adanya penyamaan visi dan misi tersebut maka pembangunan di daerah akan berjalan lancar. Demikian Kata Husler saat dikonfirmasi via Handphone, Rabu ( 13/11/2019 ) malam.

Menurut Husler, Rakornas Forkopimda yang berlangsung di Sentul Internasional Convention Centre, Bogor yang di buka Joko Widodo sangat penting, ini akan memudahkan koordinasi antara daerah dan pusat dalam hal mengeksekusi pembangunan yang direncanakan di daerah. ” Setidaknya ini akan mempermudah jalur koordinasi kita, sehingga tidak adalagi rencana pembangunan yang kita gagas di daerah yang mubazir atau tidak diakomodir karena apa yang kita bangun di Lutim sudah selaras dengan kebijakan pusat ” Ungkap Husler

Bagi Husler Rakor ini sangat strategis, karena dilakukan sebelum APBD Pokok di syahkan , jadi masih ada ruang bagi kita di daerah untuk menyelaraskannya sesuai dengan program pusat. Tentunya tindak lanjutnya nanti para SKPD dan Anggota Dewan di Lutim duduk bersama untuk menyingkronkan rencana pembangunan di Lutim sesuai dengan kehendak Presiden. ” Kalau saya menilai Presiden ingin mewujudkan pemerataan pembangunan disemua daerah makanya ada penyamaan visi misi rencana pembangunan lima tahun Presiden dengan para kepala daerah yang ada di seluruh Indonesia.

Terkait lima paket program prioritas Presiden, yaitu pembangunan sumber daya manusia (SDM) menyangkut kesehatan dan pendidikan, kedua, mengenai pembangunan infrastruktur, ketiga, penyegaran regulasi, keempat, reformasi birokrasi dan kelima, transformasi ekonomi , Husler menjelaskan Sektor pembangunan SDM terkait Kesehatan dan Pendidikan, ini sudah berjalan dengan intens, tiap tahun kita ada pelatihan bagi tenaga pendidik, termasuk mengirim secara bertahap guru berprestasi untuk mengikuti tugas belajar bekerja sama dengan UNM Makassar di program pasca Sarjana. ” Tentunya guru yang tamat dalam program pasca sarjana tersebut secara kualitas keilmuan sudah tidak diragukan dan bisa meningkatkan pendidikan di Lutim ditambah lagi dengan program Beasiswa bagi mahasiswa Lutim. Semuanya itu untuk peningkatan SDM di Sektor Pendidikan di Lutim ” Terang Husler

Disektor Kesehatan, Pemerintah Lutim sudah menanggung semua biaya BPJS warga Lutim untuk kelas tiga . Pembangunan Puskesmas yang layak disetiap Kecamatan, Pelatihan bagi Tenaga Perawat, dan secara bertahap merekruit dokter sepesialis dan dokter umum di Lutim. Demikian juga dengan pembangunan infrastruktur, ini setiap tahun APBD dilaksanakan, mulai dari infras struktur jalan , Jembatan sampai infrastruktur pemerintahan terus dibenahi sesuai dengan konsep mebangun desa menata kota.

Demikian juga dengan transformasi Ekonomi, Penguatannya terus kita lakukan, selain mengandalkan sektor pertambangan, kita juga berusaha menggerakkan sektor ekonomi kerakyatan dengan mengajak para pengusaha untuk mengelola potensi alam Luwu Timur disektor Pertanian, perkebunan, Kelautan dan industri kreatif dan pariwisata yang ada di Lutim. ” Ini sementara kita dorong, dan saya lihat arah kebijakan pembangunan kita di Lutim sudah searah dengan kebijakan pusat ” Tutup Husler. ( UjungpandangPos /***)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment