Dapat Kartu Tani, Petani Teriak Lanjutkan Pak Bupati

0 Komentar

UPOS,Luwu Timur – Pilkada Luwu Timur 2020 ternyata menjadi perhatian petani di Luwu Timur, Buktinya saat bertemu Bupati Luwu Timur, para petani kompak meneriakkan Lanjutkan Pak Bupati.

Teriakan spontan ini menggema saat Husler menyalurkan 25 000 lebih Kartu Tani Lutim di Aula Dinas Pertanian Lutim, Senin (11/11/2019)

” Wah, saya minta maaf ini pak Kacab BRI Masamba, acara ini menjadi begini, bukan saya yang mulai, mungkin maksudnya ini lanjutkan acara ini kata Husler sambil tertawa, dan segenap yang hadir juga ikut tertawa

Acara penyaluran Kartu Tani ini dihadiri ratusan perwakilan Kelompok tani di Lutim . Husler menyalurkan Kartu Tani bertujuan untuk memudahkan petani di Lutim mendapatkan pupuk.

Risman Kelompok Tani dari Tomuni mengaku dikalangan petani Pak Husler sangat top. Programnya selama ini sangat berpihak sama petani. ” Kami dapat bantuan Pompa, mesin penanam, handtracktor, sampai kendaraan untuk panen juga sudah kami rasakan, makanya kawan-kawan sangat mengharapkan Pak Bupati melanjutkan kepemimpinannya untuk periode kedua nya ” Terang Risman

Selain itu Husler selalu hadir jika ada acara petani, seperti Pesta Panen dan Tudang Sipulung. Sehingga kami bisa lansung menyampaikan segala permasalahan di tingkat petani.

Menurut Husler, Permasalahan yang paling rumit dan sulit diatasi ditingkat petani selama ini adalah ketersediaan pupuk.

Ini terjadi karena kebijakan pupuk ditentukan Pemerintah Pusat. “Kami setiap tahun mengusulkan kebutuhan pupuk itu sebanyak 124 000 ton. Namun pemerintah hanya bisa merealisasikannya hanya 33 000 ton pertahun. Karena subsidi negara untuk pupuk ini memang kurang. Maka wajarlah pupuk selalu langka di Lutim.

Lewat kartu tani ini,petani sudah bisa mengetahui kebutuhan pupuk mereka sesuai luas lahan yang mereka miliki. Kartu Tani ini terintegrasi dengan Bank BRI.Karena kartunya berbentuk ATM. Bagi petani yang ingin mendapatkan pupuk cukup menyetor ke BRI, sudah bisa mengambil pupuknya di toko yang sudah ditunjuk.

” Setelah Kartu Tani ini diterima para petani, saya minta pupuk selalu sedia, sebab kalau kosong sama saja belum ada jalan keluar dari krisis pupuk ” Tandas Husler

Acara pembagian Kartu Tani ini di hadiri oleh Kacab BRI Masamba Fahruddin Amir, Perwakilan Kelompok Tani se Lutim, Distributor Pupuk, dan para Tenaga Penyuluh Pertanian.
(UjungpandangPos/***)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment