Camat Tomoni Monitoring Penggunaan Keuangan Desa

0 Komentar

UPOS,Luwu Timur – Camat Tomoni, Umar Hasan Dalle saat ini terus melakukan evaluasi pelaksanaan penggunaan keuangan desa lewat monitoring APBdes . Ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana progres pembangunan yang dilakukan seluruh desa di Kecamatan Tomoni . Demikian dikatakannya saat dikonfirmasi , Kamis (05/11/2020 ) .

Menurut Umar Hasan , Monitoring yang dilakukannya ini terkait pelaksanaan APBdes teriwulan ketiga .Sekali gus untuk mendorong penyusunan RKPDes untuk tahun 2021 . ” Hasil evaluasi sementara ini sudah hampir 90 persen yang sudah menyelesaikan RKPDes nya , selebihnya masih ada yang berkendala inilah yang kita dampingi agar bisa secepatnya merampungkan RKPDesnya . ” Ujar Umar Hasan .

Lanjut Umar Hasan , Sejumlah desa dalam menyusun RKPDes nya masih terdapat kelemahan , yaitu masih dijumpai adanya ketidak singkronannya usulan masyarakat dengan perencanaan yang akan dilakukan oleh pemerintah desa sendiri . ” Inilah yang kita jembatani supaya dalam memilih nama kegiatan itu sesuai dengan Perundang-undangan yang berlaku dan sesuai yang dibutuhkan masyarakat . ” Ungkap Umar .

Kedepannya nanti kita dorong seluruh desa di Tomoni ini dalam menyusun RPJMDes nya harus memiliki Tema dan disesuaikan dengan potensi yang ada dimasing-masing desa . Sehingga mudah bagi kita mengukur keberhasilan Kepala Desa setiap tahunnya dalam menjalankan Visi Misinya .

Camat Tomoni mengakui semenjak desa mengelola dana desa , perubahan wajah desa sangat cepat berubah . Pembangunan di desa berlangsung cepat, secara bertahap ada perbaikan infrastruktur desa , jadi kebutuhan-kebutuhan masyarakat desa itu bisa cepat di atasi tanpa harus menunggu dan bergantung dari dana APBD dan APBN .

” Tinggal yang harus segera di tutupi saat ini adalah Sumber Daya Manusia aparat desa yang ada dibawah masih lemah . Ini penting sekali untuk diatasi, mereka masih perlu pelatihan dan bimbingan teknis sehigga nantinya bisa lebih baik dan profesional dalam mengelola anggaran desa . Sehingga secara administrasi mupun secara ketknis bisa dipertanggung jawabkan . ” Tutup Umar Hasan. ( UjungpandangPos /***)

Penulis : ***
Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment