Bupati Luwu Pantau Lokasi Banjir

0 Komentar

UPOS, Luwu- Bupati Luwu, Basmin Mattayang beserta sejumlah jajaran OPD melakukan pemantauan ke beberapa titik lokasi banjir.

Seperti diketahui, hujan lebat yang mengguyur Luwu sejak Jumat (5/6/2020) hingga Sabtu (6/6/2020), mengakibatkan beberapa daerah terendam banjir.

Kepala BPBD Kabupaten Luwu, yang turut hadir mendampingi Basmin mengatakan, setidaknya sampai saat ini ada empat kecamatan yang tercatat kebanjiran.

Dua kecamatan terbilang parah dampak banjirnya, kata Rahman. Yaitu Kecamatan Suli Barat dan Suli.

Rahman menjelaskan, banjir bukan semata-mata disebabkan oleh intensitas hujan, melainkan luapan air sungai di wilayah Suli dan Larompong, sehingga banjir cukup parah.

“Air meluap hingga ke pemukiman warga dan jalan trans nasional. Akibatnya aktivitas warga lumpuh akibat genangan air di mana-mana,” tutur Rahman.

Menurut Rahman, ketinggian air diperkirakan 50 cm hingga 100 cm. Air menggenangi pemukiman warga, sawah, perkebunan, tempat ibadah, sekolah maupun fasilitas umum lainnya.

“Tim sedang di lapangan dan mengevakuasi warga yang terdampak, kami juga sudah berkoordinasi dengan pemerintah Kabupaten Luwu dan Provinsi sulawesi Selatan,” ucap Rahman.

Sementara itu tim Tanggap Bencana (Tagana) yang berada sejak pagi di Kecamatan Suli telah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Luwu untuk melalukan pendataan warga terdampak bencana, sambil mengupayakan pemberian bantuan secepatnya. (cha)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment