Bupati Basmin Instruksikan OPD Bantu Korban Kebakaran di Ponsel

  • Whatsapp

UPOS, Luwu-Tanggap akan bencana yang terjadi di Kabupaten Luwu, sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu berlomba turun memberikan bantuan terhadap korban bencana.

Seperti yang terlihat pada korban kebakaran yang terjadi di Desa Jenne Marja Kecamatan Ponrang Selatan, pada Rabu sore, (2/6/2021) sekira pukul 17.40 sore kemarin.

Korban kebakaran, Sakrir (92) yang tidak lain adalah Sekretaris Desa (Sekdes) Jenne Maeja, langsung mendapat bantuan oleh OPD Lingkup Pemkab, dari lintas sektor.

Pantauan di lapangan, sejumlah bantuan
datang dari Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim), Dinas Sosial (Dinsos) pemuda Pancasila luwu dan Pemerintah Kecamatan Ponrang Selatan, Pemerintah Desa Jenne Maeja, bahkan, BPBD Luwu juga berencana akan menurunkan bantuan.

Kepala Dinas Tarkim, H. Sofyan Thamrin ,menuturkan pihaknya telah menyalurkan bantuan awal berupa kebutuhan makanan.

“Kami turun melakukan pendataan korban kebakaran. Terketuk rasa kemanusiaan kami juga membawa kebutuhan makanan. Sesuai tupoksi kami, hasil pendataan kami di lapangan akan kami laporkan ke Pak Bupati, dan menjadi dasar Perkim menyalurkan bantuan selanjutnya,” ujarnya.

Gerak cepat Dinas Perkim pasca bencana kebakaran di Ponrang Selatan, tidak lepas dari perintah Bupati Luwu, H. Basmin Mattayang.

“Bukan baru kali ini perintah Pak Bupati, pada musibah sebelumnya, Pak Bupati juga menelpon langsung agar korban mendapat perhatian, khusus dari Tarkim tentunya terkait pemukiman atau rehab rumah,” katanya.

Kadis Tarkim, menyebutkan dalam waktu dekat Pemkab Luwu akan menyalurkan bantuan rehab rumah layak huni sebagai bentuk bantuan tanggap bencana.

Sementara itu, Dinas Sosial, juga telah menyalurkan bantuan pasca terjadi kebakaran di Ponrang Selatan. Kepala Bidang Linjamsos, Syaiful, melaporkan pihaknya sudah menyerahkan bantuan kepada keluarga korban.

“Alhamdulillah, kami telah menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran di Desa Jenne Maeja. Bantuan tersebut berupa makanan, seperti beras, mie instan, air mineral dan ikan kaleng. Bantuan juga berupa selimut dan kebutuhan tidur lainnya,” sebut Syaiful.

Pasca bencana kebakaran di Kecamatan Ponrang Selatan, Bupati Luwu, H. Basmin Mattayang, menyampaikan terima kasih kepada aparatnya, khususnya OPD yang turun secara langsung membantu warga.

Dalam kesempatan kemarin, Basmin Mattayang, mengimbau kepada tiap OPD khususnya terkait kedaruratan dan tanggap bencana untuk selalu siap dan waspada.

“Saya minta BPBD, Dinas Sosial, Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas PU, Perkim, bahkan tiap puskesmas atau tim medis agar selalu siap menghadapi kemungkinan terjadinya musibah,” ujarnya.

“Saya perhatikan sudah mulai kemarau, olehnya itu Damkar harus selalu siap, BPBD dan termasuk Dinas Sosial. Kapan saja mereka sangat dibutuhkan warga,” lanjutnya.(*)

Pos terkait