BPJS Kesehatan – Awak Media Gelar Workshop 2021

  • Whatsapp

BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Sulselbartramal dan Kantor Cabang Makassar, menggelar kegiatan Media Workshop 2021, bersama awak media Kota Makassar, Rabu (17/11/2021). (Ist)

UPOS, Makassar – BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Sulselbartramal dan Kantor Cabang Makassar, menggelar kegiatan Media Workshop Tahun 2021, bersama awak media Kota Makassar, Rabu (17/11/2021).

Kegiatan ini digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Deputi Direksi Wilayah Sulselbartramal, dr. Beno Herman, MARS,. AAK dalam sambutannya, mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan selain dalam rangka silaturrahmi bersama rekan-rekan media, juga berguna sebagai wadah BPJS Kesehatan dalam menyampaikan informasi-informasi terbaru terkait Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

“Saat ini cakupan kepesertaan Program JKN-KIS secara Nasional mencakup 226.796.219 jiwa (83% dari total penduduk Indonesia), dengan jumlah peserta di Provinsi Sulawesi Selatan sebanyak 8.192.429 jiwa (89%), dimana dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), kepesertaan JKN-KIS ditargetkan 98% pada Tahun 2024. Diperlukan peran semua stakeholder termasuk insan pers atau jurnalis sebagai mitra strategis BPJS Kesehatan dalam hal menyebarluaskan informasi dan mengajak masyarakat untuk mensukseskan program ini,” terang Beno.

Sepanjang tahun 2021, BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Sulselbartramal telah bekerjasama dengan 927 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (Puskesmas, klinik pratama, dokter prakter perorangan, dll), 112 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (rumah sakit) yang tersebar di 24 kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Selatan.

Dengan jumlah pemanfaatan layanan kesehatan sepanjang tahun 2021 sebesar 9.555.455 kasus, dengan pemanfaatan per hari 37.918 kasus.

“Sebagai satu budaya BPJS Kesehatan (INISIATIF = Integritas, kolaborasi, pelayanan prima dan inovatif) kolaborasi dengan insan pers atau jurnalis sebagai kontrol terhadap implementasi kebijakan, dapat menjadi masukan berharga bagi peningkatan layanan dan implementasi Program JKN-KIS,” tambahnya.

BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Sulselbartramal dan Kantor Cabang Makassar, menggelar kegiatan Media Workshop 2021, bersama awak media Kota Makassar, Rabu (17/11/2021). (Ist)

BPJS Kesehatan kenalkan Care Center 165

Dalam kesempatan tersebut, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Makassar dr. Greisthy E. L. Borotoding memaparkan aplikasi dan fitur-fitur dalam Mobile JKN serta memperkenalkan Care Center 165.

Selama masa transisi sampai Desember 2021, masyarakat masih dapat menggunakan secara paralel nomor 1500 400 maupun 165 untuk menghubungi BPJS Kesehatan Care Center.

Adapun sejumlah fitur yang dapat diakses masyarakat melalui BPJS Kesehatan Care Center antara lain permintaan informasi dan pengaduan; layanan administrasi seperti penambahan anggota keluarga Pekerja Penerima Upah (PPU) Penyelenggara Negara dan swasta, PBPU, serta BP; pendaftaran bayi baru lahir non PBI Jaminan Kesehatan; peralihan segmen peserta ke PBPU; dan perubahan data.

Di samping itu, peserta JKN-KIS juga bisa melakukan konsultasi kesehatan dengan dokter umum, melalui pelayanan Tanya Dokter yang tersedia di BPJS Kesehatan Care Center. (*/Arman)

Pos terkait