Bimtek dan Diklat Protokoler Toraja Utara, Tingkatkan Kualitas SDM

  • Whatsapp

Peserta kegiatan Bimtek dan Diklat Protokoler, dilaksanakan oleh Bagian Prokopim Setda Toraja Utara, di Ruang Pola lantai III Kantor Bupati Marante, Senin (20/9/2021). (Ist)

UPOS, Toraja Utara – Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang, SE., M.Si membuka kegiatan Bimtek dan Diklat Protokoler yang dilaksanakan oleh Bagian Prokopim Setda Toraja Utara, berlangsung di Ruang Pola lantai III Kantor Bupati Marante, Senin (20/9/2021).

Sesuai UU No 09/2010 Keprotokolan merupakan rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi tata tempat, tata upacara, tata penghormatan sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan / kedudukan nya dalan negara, pemerintahan dan masyarakat.

“Kepala daerah merupakan simbol daerah maka itu seorang protokoler harus berilmu, berpenampilan, lincah dan tahu mengatur segala sesuatunya serta pemberi semangat dan spirit seorang protokoler lebih banyak implementasi,” ungkap Bupati Toraja Utara, dalam sambutannya.

“Bimtek ini sangat penting karena bagian protokoler yang akan mengatur jadwal kegiatan pimpinan dan senantiasa mengingatkan bila ada aturan aturan dalam pemakaian atribut dan mengarahkan pimpinan pada setiap kegiatan serta memperhatikan hal-hal yang kecil tapi dampaknya sangat besar,” tambah Bupati Toraja Utara.

Maksud dan tujuan kegiatan ini ialah untuk meningkatkan kualitas SDM, Ilmu dan Keahlian seseorang seperti kaidah protokol yang mengatur tata cara berhubungan dengan seseorang, lembaga atau negara di sertai dengan aturan, kebiasaan dan etika yang bertujuan agar kegiatan sesuai tata aturan dan tujuan.

Sebagai narasumber Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Provinsi Sulawesi Selatan Amson Padolo, S Sos, M Si, mengatakan, Protokol merupakan hal yang sangat krusial dalam tata kelola pemerintahan, seorang protokol punya wawasan yang luas, mengetahui siapa audiens yang hadir pada kegiatan dan menyusun /mengetahui jadwal kegiatan.

Nara Sumber yang kedua, Komandan Kodim 1414 Tana Toraja Letkol Inf. Amril H Tehupelasury, SIP, memberikan materi tentang tiga tahap yang harus dilakukan protokoler, yaitu perencanaan/persiapan, pelaksanaan dan pengakhiran dengan unsur- unsurnya.

Tampak hadir, Wakil Bupati Toraja Utara Frederik V Palimbong, ST, Para Staf Ahli, Kepala OPD serta para peserta bimtek dan undangan lainnya. (*)

Pos terkait