Bencana Alam di Lutra, Ini yang Dilakukan PP Gowa

0 Komentar

UPOS, Gowa– Rombongan Ormas Pemuda Pancasila Kecamatan Somba Opu dan beberapa SKPD jajaran Pemkab Gowa yang akan mengantar bantuan peduli korban banjir bandang untuk masyarakat Kabupaten Luwu Utara, dilepas Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan di Halaman Rujab Bupati Gowa, Kamis (23/7).

Adnan mengatakan bantuan ini merupakan bentuk kepedulian dan panggilan nurani untuk membantu sesama yang tertimpa musibah di Luwu Utara khususnya di daerah Masamba. Kab Gowa pernah mengalami banjir dan longsor tahun lalu dan bantuan terus berdatangan, sehingga ketika daerah lain tertimpa musibah kami sebagai warga merasa terpanggil untuk membantu sesama.

Kendati demikian, dirinya mengimbau agar ketika menyalurkan bantuan tetap menerapkan protokol kesehatan khususnya wajib menggunakan masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan agar ketika kembali ke Kabupaten Gowa bisa tetap sehat.

“Mudah-mudahan kita semua yang berangkat ke Masamba membawa bantuan diberi keselamatan, dan saya titip tetap menjaga diri agar tidak tertular covid-19, ”kata Bupati.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Ikhsan Parawansah mengatakan, hari ini pihaknya bersama beberapa relawan, organisasi sosial masyarakat Pemuda Pancasila Kec. Somba Opu, Pramuka Kwarcab Gowa, akan menyalurkan bantuan tersebut ke Luwu Utara.

“Bantuan kemanusian untuk saudara kita ke Luwu Utara itu berupa bantuan kebutuhan dasar seperti air minum, beras, makanan siap saji, tenda, kelengkapan bayi, obat-obatan, dan kelengkapan lainnya yang dibutuhkan masyarakat Lutra saat ini, ”ungkapnya.

Terkait penyaluran bantuan tersebut, Ikhsan mengaku akan membawa ke posko induk penanganan banjir di Masamba sesuai protap kebencanaan yang berlaku,,nanti pihak sana yang akan mendistribusikannya.

Sementara itu ketua Pemuda Pancasila Kec. Somba Opu dibawa kendali A Bauruddin mengatakan pihaknya akan tinggal beberapa hari untuk mengawal dan mendistribusikan bantuan.

“Kami akan tinggal beberapa hari untuk mengawal dan mendistribusikan bantuan yang kami kumpul dari berbagai elemen masyarakat Kabupaten Gowa, langsung ketitik yang sangat membutuhkan, saya membawa kurang lebih 10 orang untuk terjun langsung kelapangan, agar bantuan tersebut sampai kepada yang membutuhkan, “ujarnya.

Selain itu, A Bauruddin menambahkan pihaknya juga mengawal beberapa bantuan yang berasal dari beberapa SKPD Gowa yakni Dinas Sosial, PPKB, BKPSDM, Gerakan Pramuka Kwarcab Gowa, Kantor Lurah Limbung, Kalebajeng, Maccinibaji, Mata Allo, Tubajeng, Panyangkalang Kecamatan Bajeng, Solidaritas Gowa Community’ yang didampingi oleh ketua MPC Pemuda Pancasila Kab Gowa Abdullah. “Kita juga mengawal bantuan lainnya, “tutupnya.

Penulis : *
Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment