Begini Penjelasan Jayadi Nas Soal Pelayanan Publik Yang Efektif

0 Komentar

UPOS,Luwu Timur – Hakikat pelayanan terbaik itu harusnya cepat dan terjangkau. Itulah pentingnya inovasi untuk memudahkan pelayanan sehingga publik merasakan manfaat hadirnya pelayanan yang efektif, efisien dan terjangkau. Demikian dikatakan Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Luwu Timur, Jayadi Nas, saat membuka kegiatan pendampingan Inovasi Pelayanan Publik yang diikuti para Kepala OPD, Camat dan Kepala Puskesmas se Kabupaten Luwu Timur di Aula Sasana Praja Kantor Bupati Luwu Timur, Senin (26/10/2020).

Jayadi mengatakan, sejak dilantik oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Provinsi Sulawesi Selatan, hal yang pertama dirinya benahi adalah pelayanan perizinan harus berbasis aplikasi. Tujuannya agar mengurangi antrian dan memudahkan masyarakat memanfaatkan pelayanan.

“Inilah pentingnya inovasi. Saya ingatkan staf saya agar membuat aplikasi yang dapat memudahkan masyarakat untuk mengurus perizinan. Alhamdulillah sudah berhasil saya lakukan dan kini semuanya bekerja berbasis sistem. Jadi dimanapun saya berada, pekerjaan tidak ada lagi kendala karena semua bentuk perizinan sudah berjalan sesuai sistem,” jelasnya.

Lanjut Jayadi, disinilah pentingnya inovasi untuk di hadirkan. Tidak perlu hal baru, namun inovasi bisa di kembangkan dari hal yang sudah ada. Namun point yang paling penting, inovasi lahir untuk memudahkan pelayanan sehingga masyarakat merasakan manfaat pelayanan.

Hal lainnya, kata Jayadi, Inovasi tidak harus lahir dari pimpinan semata. Bawahan juga harus dilibatkan agar inovasi itu bisa berjalan dengan baik dan sesuai harapan.

Kabag Organisasi Setdakab Luwu Timur, Asmasari mengatakan, Pemerintah melakukan beberapa langkah kebijakan dengan menetapkan gerakan “One Agency One Innovation” atau gerakan satu instansi satu inovasi guna mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik yang berkelanjutan.

“Satu instansi satu inovasi adalah gerakan yang mewajibkan kepada setiap Pemerintah daerah untuk menciptkan minimal 1 (satu) inovasi pelayanan publik setiap tahunnya,” jelasnya.

Sedangkan tujuan dari hasil kegiatan ini, kata Asma, untuk mendorong terciptanya inovasi pelayanan publik yang jelas, terarah dan berkualitas pada setiap Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu Timur sehingga nantinya akan ditetapkan sebagai inovasi pelayanan publik terbaik untuk selanjutnya dapat diikutkan dalam kompetisi inovasi pelayanan publik tingkat Provinsi Sulawesi Selatan dan kompetisi inovasi pelayanan publik tingkat nasional.

“Kegiatan ini berlangsung selama dua hari 26-27 Oktober 2020 dengan narasumber dari Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan, Ibu Anita, S.Sos., M.Si.” tutupnya. (hms/ UjungpandangPos/***)

Penulis : ***
Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment