Arus Mudik Jelang Idul Fitri 1443 H, Ribuan Penumpang Tiba di KPN Parepare

Ribuan Penumpang dari berbagai daerah di provinsi Kalimantan Timur, Utara dan Negara tetangga Malaysia tiba di Dermaga Kawasan Pelabuhan Nusantara (KPN) Kota Parepare Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis (28/4/2022). (Ist)

UPOS, Parepare – Ribuan Penumpang dari berbagai daerah di provinsi Kalimantan Timur, Utara dan Negara tetangga Malaysia tiba di Dermaga Kawasan Pelabuhan Nusantara (KPN) Kota Parepare Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis (28/4/2022).

Para penumpang ini adalah pemudik yang akan pulang ke kampung halamannya merayakan lebaran idul fitri.

”Hal ini merupakan puncak arus mudik dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 H/2022 M,” kata Iptu Sukri Abdullah, SH, MH Kapolsek Kawasan Pelabuhan Nusantara (KPN).

Penumpang tersebut diangkut dengan tiga unit Kapal, baik pelayaran milik swasta maupun pemerintah.

Kapal tersebut, diantaranya Bukit Siguntang memuat 1.581 penumpang, Pantokrator memuat 1.510 serta KM Queen Soya berjumlah 736 penumpang.

Di pintu masuk dan keluar dilakukan pemeriksaan secara ketat dari pihak Kepolisian Resor Parepare dan Polsek Kawasan Pelabuhan Nusantara (KPN).

”Kita lakukan pemeriksaan untuk mengantisipasi masuknya barang larangan seperti Senjata Tajam, Narkotika, barang ilegal serta barang larangan lainnya,” ungkap Iptu Sukri Abdullah.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Parepare AKP Burhanuddin, SH menjelaskan, bahwa dalam hal ini dilakukan pemeriksaan kartu Anti Gen/Swab PCR dan kartu vaksin oleh tim Karantina Kesehatan Pelabuhan Kelas I Makassar. (*)

Pos terkait