Al Hidayat Samsu Minta Pj Wali Kota Lebih Serius Tangani Covid-19

0 Komentar

UPOS, Makassar- Anggota DPRD Kota Makassar, Al Hidayat Samsu melontarkan kritik terhadap kepemimpinan Pj Wali Kota Makassar Yusran Yusuf yang tidak serius dalam menangani masalah virus Covid-19, sehingga terdengar kabar Gubernur Sulawesi Selatan akan mengganti Yusran.

Menurut Hidayat, sapaan karibnya, angka penyebaran Covid-19 selama Yusran menjabat semakin meningkat di Kota Makassar, terbukti dengan data-data yang ada saat ini.

“Pemerintah tidak mampu, tidak mempunyai program bagus dalam upaya memutus rantai Covid-19. Sesuai data, per tanggal 19 Juni sebanyak 1.260 positif, kemudian dalam satu minggu berikutnya naik menjadi 1.608 orang yang positif. Artinya selama seminggu itu angka postif naik 300 lebih,” kata Hidayat di Gedung DPRD Kota Makassar, Kamis (25/6/2020).

Kata dia, banyak kebijakan yang lari dari instruksi pusat maupun pemerintah provinsi. Kebijakan Yusran justru lebih mengarah pada perekonomian yang tidak sejalan dengan konsen pemerintah dalam menekan angka positif Covid-19 di Sulawesi Selatan, khususnya di Kota Makassar yang menjadi episentrum penyebaran virus tersebut.

Kebijakan Yusran justru terlihat hampir sama dengan Pj Wali Kota sebelumnya, bahkan yang sebelumnya lebih baik dari yang sekarangan, karena lemah dalam pengawasan.

“Pemerintah sekarang ini justru fokus pada perekonomian, karena mall dan tempat-tempat keramaian massa yang sudah mulai dibuka. Inikan berbahaya, terlebih dalam pengawasan implementasi di lapangan tidak berjalan maksimal,” jelas Legislator Fraksi PDIP itu.

Hidayat menekankan, walaupun kebijakan dibuat longgar demi perekonomian di Kota Makassar, tetap harus menerapkan pengawasan yang ketat.

Dia berharap pemerintah Kota Makassar bisa membawa perubahan besar, mampu membuat gebrakan untuk memutus rantai Covid-19.

Diketahui, saat ini Gubernur Sulsel telah mempersiapkan pelantikan Pj Wali Kota Makassar yang baru sebagai pengganti Yusran. Dia adalah Rudy Djamaluddin yang menjabat Kepala Dinas Bina Marga dan Pekerjaan Umum Pemprov Sulsel. (Jie)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment