Walikota Menerima Kepala BPKP Perwakilan Sulsel

oleh

UPOS, Palopo– Walikota Palopo, Drs. H.M, Judas Amir, MH, menerima kunjungan Kepala BPKP Perwakilan Prov. Sulawesi Selatan, Arman Sahari Harahap, di Rumah Jabatan Walikota Palopo, Sakotae, Jum’at (14/06/2019).

Kunjungan Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan ini selain melakukan silaturahmi, juga setelah kunjungan sosialisasi BPKP Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan ke empat daerah di Luwu Raya.

Walikota Palopo, Judas Amir mengatakan bahwa, mudah-mudahan Pemerintah Kota Palopo mampu bekerja sama dan bersinergi dengan BPKP Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan kedepannya.

Selain itu, Walikota Palopo, Judas Amir mengungkapkan bahwa Pemerintah Kota Palopo berkomitmen untuk menghadirkan pengelolaan keuangan yang baik, dan memiliki integritas, guna mewujudkan Pemerintahan yang bersih dari perilaku penyimpangan terhadap aturan-aturan.

“Kami berharap agar senantiasa diberi petunjuk serta dibimbing dalam hal administrasi keuangan Pemerintah Kota Palopo agar dapat terus waspada dan meminimalisir kesalahan yang ada,” ujar Judas Amir.

Sementara, Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan, Arman Sahari Harahap mengemukakan, pihaknya berkomitmen untuk terus membantu daerah dalam upaya meningkatkan kualitas, dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah. Karenanya, kata dia, dibutuhkan sistem yang dapat mendeteksi lebih dini adanya penyimpangan.

“BPKP mengembangkan 3 strategi pengawasan yakni, Sosialisasi, Peringatan Dini, dan Penegakan Hukum. Untuk mengimplementasikan ketiga strategi tersebut, BPKP memberikan jasa penjaminan mutu (Assurance) dan jasa konsultasi (Consulting), “jelasnya.

Dalam mengawal pengelolaan keuangan daerah yang akuntabel, BPKP menawarkan tools-tools yang telah dikembangkan yakni, E-Planning, Simda Keuangan Daerah, Simda Pendapatan, serta Siskeudes/lur.(*)