Wagub Usulkan Kebutuhan Masyarakat Pulau

oleh

UPOS, Manado– Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan masih adanya disparitas masyarakat kepulauan yang meliputi kesenjangan pertumbuhan ekonomi, kesenjangan kemiskinan dan kesenjangan penciptaan lapangan pekerjaan serta pendidikan yang ada di wilayah kepulauan Sulawesi Selatan, pada kegiatan konsultasi regional pulau Sulawesi RPJMN 2020-2024 di Manado, Sulut, Senin (5/8).

“Begitu juga dengan cara pandang kita tentang pembangunan wilayah kepulauan di Sulsel. Di mana secara umum, Kepulauan di Sulawesi Selatan belum begitu mantap, Harapan kami agar masalah infrastruktur kepulauan ini menjadi perhatian Kementerian PPN/Bappenas,” jelas Andi Sudirman Sulaiman.

Andi Sudirman Sulaiman juga menyebutkan bahwa berbagai persoalan pembangunan infrastruktur yang menjadi masalah krusial yang dihadapi saat ini, seperti infrasturktur listrik dan air bersih di daerah pulau.

“Pak Gubernur titip pesan agar pembangunan infrastruktur dapat memberikan dampak langsung yang efektif dan efisien bagi rakyat,” lanjutnya.

RPJM daerah yang merupakan penjabaran dari visi misi dan program kepala daerah yang penyusunannya berpedoman kepada RPJP daerah dinilai sangat perlu memperhatikan RPJM nasional. Dalam konsultasi regional ini sendiri terbagi dalam tiga desk yakni infrastruktur, SDM dan revolusi mental serta ekonomi dan lingkungan hidup serta polhuhankam.

Konsultasi regional pulau Sulawesi ini dihadiri oleh Sekretaris Utama (Sestama) Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Gellwynn Daniel Hamzah Jusuf. Selain itu, turut hadir para Gubernur, Bupati dan Walikota serta kepala Bappeda tingkat provinsi, kabupaten, kota dan regional. Tampak pula perwakilan organisasi masyarakat, sipil dan pimpinan universitas /perguruan tinggi serta perwakilan Kadin dan Bank Indonesia.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *