Temui Wagub, Bidang Reformasi Birokrasi Paparkan Ini

oleh

UPOS,┬áMakassar– Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menerima Bidang Reformasi Birokrasi Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) di ruang kerjanya di Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (7/8). Pertemuan tersebut terkait upaya reformasi birokrasi di lingkup Pemerintahan Provinsi Sulsel.

Andi Sudirman Sulaiman menegaskan pihaknya komitmen untuk melakukan efisiensi pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta mendorong sistem persuratan via online. Aplikasi ini terfokus di Diskominfo Sulsel sebagai pengendali sistem. Salah satu bentuk sistem tersebut yakni dengan adanya baruga lounge yang menampilkan informasi multi sektor terkait Sulsel.

“Baruga Lounge ini, menjadi monitor layar besar kinerja OPD, Time line dan menciptakan MOU pelayanan publik,” ungkap Andi Sudirman Sulaiman.

Sementara itu Ketua Bidang Reformasi Birokrasi TGUPP Prof Sangkala memaparkan bahwa ada delapan area perubahan yang dimonitoring dan dievaluasi progress capaiannya secara terukur dan berkala.

“Pertama, manajemen RB dimana setiap lembaga harus menyusun rencana aksi tahunan dan melakukan penilaian capaian secara mandiri. Kedua, melakukan penataan perundang-undangan dan regulasi yang pro rakyat. Ketiga, melakukan penataan kelembagaan yang efsien dan efektif,” paparnya.

Sedangkan perubahan lainnya mencakup penguatan sumber daya manusia, khususnya skill dan karakter, penataan ketatalaksanaan meliputi penerapan SPBE dan program kegiatan tepat sasaran berorientasi hasil nyata. Selain itu perubahan terkait penguatan akuntabilitas melalui sakip/lakip dengan memperkuat renstra/renja dengan indikator kinerja utama yang terukur, membuat perjanjian kinerja dan menyusun laporan kinerja.

“Ketujuh adalah area pengawasan melalui penguatan APIP dan pengawasn melekat kelembagaan dan pengawasan masyarakat. Dan yang kedelapan adalah peningkatan kualitas pelayanan publik melalui akses layanan yang cepat, murah, mudah dan ramah berbasis digital,” ungkapnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *