Tak Sesuai Harapan, KPU dan Bawaslu Satu Bahasa, Penyesuaian

0 Komentar

UPOS, Luwu Timur – Pemerintah Kabupaten Luwu Timur resmi memberikan dana hibah sebesar 40 Miliar kepada KPU dan Bawaslu Luwu Timur . Naskah Perjanjian Hibah Daerah ini ditanda tangani oleh Bupati Luwu Timur Muh.Thorig Husler dan Zaenal Ketua KPU Lutim serta Rachman Atjha Ketua Bawaslu Lutim di Rumah Jabatan Bupati Lutim, Selasa (1/10/2019)

Menurut Husler , berdasarkan peruntukannya dana sebesar 40 M tersebut dibagi dua, KPU mendapat 30 M sedangkan Bawaslu 10 M.

Dana ini untuk membiayai pelaksanaan Pilkada Lutim 2020 yang tahapannya sudah mulai Oktober 2019.

” Saya berharap anggaran ini cukup sehingga penyelenggara Pilkada bisa melaksanakan tahapan Pilkadanya dengan lancar ” Ujar Husler

Ketua KPU Lutim, Zainal saat dikonfirmasi mengatakan dengan anggaran 30 M tersebut maka KPU akan melakukan penyesuaian saja. Karena yang diajukan KPU sesuai kebutuhan itu 34 M, tapi pemerintah hanya sanggup memberikan 30 M, Maka salah satu cara agar tahapan bisa berjalan adalah melakukan penyesuaian.

Anggaran yang paling besar yang digunakan KPU dari semua tahapan adalah biaya Honor penyelenggara. ” Honor Penyelenggara itu yang besar menggunakan anggaran ” Ungkap Zainal.

Tahapan yang mulai dilaksanakan KPU dalam waktu dekat ini adalah melakukan sosialisasi calon bupati lewat jalur perseorangan.

Satu bahasa dengan KPU Lutim, Rachman Atja Ketua Bawaslu juga mengatakan dengan kebagian anggaran 10 M tersebut maka pihaknya juga akan melakukan penyesuaian tahapan.

” Ya apa boleh buat ibaratnya ini kita sudah dikasi menu dari pemerintah 10 M. Mau diapakan lagi , jalan satu -satunya maka kami akan melakukan penyesuaian kegiatan . ” Ujar Rachman

Dengan demikian kata Rachman, tahapan awal yang akan dilakukan Bawaslu setelah mendapat kucuran dana hibah tersebut adalah melakukan persiapan rekruitmen tenaga pengawas Pemilu yang ada di setiap kecamatan.

” Bulan ini juga kami akan melakukan rekruitmen tenaga Pengawas , Yang berminat menjadi anggota Panwas di Kecamatan segera mempersiapkan diri dengan melengkapi semua berkas perayaratannya ” Terang Rachman

Yang jelas, kami akan berbuat yang terbaik untuk mengawal seluruh rangkaian Tahapan Pilkada demi terwujudnya proses demokrasi yang bersih dan berintegritas. ( UjungpandangPos/***)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment