Tabi Pasenggong, Tak Kenal Maka Tak Sayang

0 Komentar

Tak kenal maka tak sayang, mungkin kalimat ini tepat kita tujukan kepada sosok Letkol. CPM Tabi Pasenggong, SH, MH yang tak lain adalah Komandan Detasemen Polisi Militer (Dandem POM) XIV/4 Makassar.

Pasalnya secara sepintas, pria asal Tana Luwu dengan postur tubuh tinggi besar dan potongan rambut model cepak tersebut nampak garang dan cuek, serta sulit diajak bergaul atau menjalin pertemanan dengannya, tapi ternyata tidak demikian kalau sudah mengenal baik Tabi Pasenggong.

Tabi Pasenggong yang pernah menempuh pendidikan di Sekolah Dasar Lempokassi, SMP Suli (Kab. Luwu), SMA 1 Masamba (Luwu Utara), Universitas Satria (Unsat) Makassar dan Universitas Islam Riau tersebut malah dikenal ramah dan luwes dalam bergaul atau suka bergaul dengan siapa pun, serta sangat perhatian dan dikenal sebagai salah satu figur pemimpin yang sangat peduli terhadap orang disekitarnya, termasuk terhadap seluruh bawahannya, walaupun disisi lain mantan Plh. Kasat Lidpam (Intel Puspomad) tersebut berlatar belakang militer yang tentu memiliki tingkat disipilin yang tinggi, selain karakternya yang dikenal berani, tegas dan jujur.

Bahkan bentuk rasa kepeduliannya terhadap orang disekitarnya, khususnya terhadap para bawahannya, Tabi Pasenggong tidak pernah menganggap atau memperlakukan bawahannya sebagai pesuruh, namun melainkan memperlakukan dan menganggap bawahannya tersebut sebagai saudara (adik atau kakak), hingga sebagai anak sendiri, yang tentu sangat penting dan berharga baginya.

“Di sisi lain, orang di kantor itu saya anggap sebagai keluarga sendiri, adik atau kakak saya, hingga sebagai anak saya. Apalagi remaja- remaja yang baru lulus, mereka butuh perhatian dan bimbingan, jadi saya terkadang membuka pikiran mereka atau membentuk cara mereka berpikir agar lebih matang, hingga mereka betul- betul siap menghadapi segala macam bentuk kondisi, serta tidak kaget dengan perubahan- perubahan dimana pun mereka berada nantinya, “ujar Tabi Pasenggong yang ditemui di salah satu warung kopi di Kota Makassar, baru- baru ini, yang kala itu ditanya mengenai kebiasannya perhatian terhadap orang lain.

Dengan memiliki rasa kepedulian yang tinggi dan berjiwa pengayom, serta suka bergaul, membuat sosok Tabi Pasenggong disukai dan menjadi panutan oleh banyak orang, khususnya orang- orang yang mengenalnya, terlebih jiwa kepemimpinannya yang memiliki krakter tersendiri.




Penulis : *
Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment