Sebulan Pascabencana, Ini Penampakan Masjid Agung Syuhada

0 Komentar

UPOS, Luwu Utara– Sebulan lebih pascabencana banjir bandang, kondisi Kota Masamba Kabupaten Luwu Utara berangsur-angsur membaik. Meski masih dalam tahap pembenahan dan pembersihan kota, tetapi beberapa fasilitas publik dan rumah ibadah mulai terlihat “hidup” kembali. Toko-toko dan warung kaki lima pun juga mulai terbuka melayani warga.

Timbunan lumpur dan material lainnya yang terbawa arus banjir bandang juga sementara dalam pembersihan. Tak kalah penting, lalu lintas di jalan poros dalam kota sudah mulai lancar. Lampu penerangan jalan pun semakin menambah keindahan kota Masamba di malam hari. Yang bikin merinding, penampakan masjid Agung Syuhada yang semakin “hidup”.

Salah seorang jemaah masjid Agung Syuhada, Musbar, mengabadikan kondisi masjid kebanggaan Luwu Utara tersebut melalui kamera handphone-nya, Selasa (18/8/2020), malam, dan dia posting di media sosial, facebook. Luar biasa! Ramai-ramai warganet mengomentari postingan tersebut. Semuanya takjub melihat penampakan masjid Agung Syuhada.

Ada yang bersyukur karena kondisi masjid Agung Syuhada kembali hidup. Tidak sedikit pula yang mengungkapkan ketakjubannya terhadap masjid yang tetap berdiri kokoh saat bencana banjir bandang terjadi. “Alhamdulillah,” tulis warganet bernama Asmawati Rapda. Ungkapan yang sama juga dituliskan pemilik akun Budiati Sweet, “Alhamdulillah, sudah cerahmi”.

“Alhamdulillah, bersemangat mi ki lihat,” tulis Hasanuddin. Pemilik akun facebook, Abdul Rauf Sam, juga menulis, “geliat Lutra berbenah”. Ada juga warganet yang hanya mengirim “emoji love” sebagai ungkapan kekaguman melihat masjid tersebut. Ungkapan-ungkapan memuji kebesaran Allah, seperti “masya Allah” dan “subhanallah” juga tidak sedikit.

Yang menarik, kondisi terkini kota Masamba, juga tak luput dari perhatian Bupati Indah Putri Indriani. Orang nomor satu di Lutra ini melalui halaman facebokknya menuliskan, “Kondisi terkini kota Masamba setelah sebulan lalu dilanda banjir bandang. Beberapa fasilitas umum seperti masjid Syuhada mulai difungsikan. Pun toko-toko mulai buka kembali”.

Dia pun berharap agar kondisi kota Masamba pascabencana banjir bandang dan wilayah terdampak lainnya bisa kembali normal, dan bahkan menjadi lebih baik lagi dengan adanya sentuhan-sentuhan pembenahan yang diintervensi pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten. “Semoga semuanya segera pulih kembali. Aamiin, ”tutup Indah Putri Indriani.

Penulis : *
Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment