Resmi Pensiun, Lin Dan Masih Satu-satunya Atlet Bulutangkis Bertitel ‘Super Grand Slam’

0 Komentar

UPOS- Lin Dan akhirnya resmi pensiun sebagai pemain profesional Bulutangkis dunia. Hal itu disampaikan pemain berjuluk ‘Super Dan’ ini lewat akun media sosil Wieibo, pada Sabtu (4/7/2020).

“Dari 2000 hingga 2020, setelah 20 tahun, saya harus mengucapkan selamat tinggal kepada tim nasional. Ini sangat sulit diungkapkan dengan kata-kata. Tak sekadar mengejar peringkat seperti yang saya lakukan ketika masih muda, dalam tahun-tahun ini, saya ingin menantang batasan fisik atlet tua dan melatih semangat olahraga yang tidak akan pernah saya lepaskan. Tapi kemampuan fisik dan rasa sakit tidak memungkinkan saya bertarung bersama rekan satu tim,” tutur pria kelahiran Longyan, Fujian, China  14 Oktober 1983 itu.

Lin Dan ialah pebulu tangkis dengan segudang prestasi. 20 tahun karir di dunia bulutangkis dunia, Lin lelaki yang kini berusia 36 tahun itu memiliki rentetan prestasi yang jarang bahkan tidak dimiliki oleh pebulutangkis lainnya.

Dalam catatan yang ada, Lin Dan adalah satu-satunya atlet bulutangkis yang berhasil menyabet sembilan turnamen prestisius di dunia bulutangkis dunia atau disebut ‘Super Grand Slam’.

Deretan prestasi ‘Super Grand Slam’:
– Olimpiade (2 Juara)
– World Championships (5 Juara)
– World Cup (2 Juara)
– Thomas Cup (5 Juara)
– Sudirman Cup (5 Juara)
– Super Series Masters Finals (1 Juara)
– All England (6 Juara)
– Asian Games (2 Juara Tunggal dan 2 Juara Beregu)
– Asian Championship (4 Juara)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment