PT TBS Investasi Rp100 M Untuk Pelabuhan Lampia

oleh

UPOS, Luwu Timur– PT. Tanjung Berlian Samboja siap berinvestasi Rp100 Miliar untuk pengembangan operasional Pelabuhan Lampia Malili. Ini terungkap dalam Ekspose Rencana Pegoperasian Pelabuhan Lampia di Ruang Rapat Pimpinan, Kantor Bupati Luwu Timur, Rabu (25/4/2018).

Ekspose ini dihadiri langsung Bupati Luwu Timur, Thorig Husler, Wakil Bupati, Irwan Bachri Syam, Wakil Ketua DPRD Lutim, Muh. Sidiq BM, Kepala Dinas Perhubungan, Andi Makaraka dan Sejumlah Kepala SKPD di Luwu Timur.

Dalam kesempatan ini, Bupati Luwu Timur mempertanyakan apakah Pelabuhan Lampia sudah bisa dioprasikan sambil melakukan pembenahan. Meminta Penjelasan apa saja yang akan dilakukan pihak Investor TBS untuk mengembangkan Pelabuhan Lampia sebagai Pelabuhan Bongkar Muat Barang.

“Coba gambarkan kepada kami, apa yang akan anda lakukan di Pelabuhan Lampia, karena Pelabuhan ini sesuai instruksi Wakil Presiden sudah harus beroperasi, “ujar Husler.

Sementara itu, Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam mempertanyakan nilai investasi yang akan ditanamkan pihak perusahaan di Pelabuhan Lampia.

“Soal listril, air dan jalan ini sudah kami kerjakan, yang kurang di Pelabuhan itu adalah tangki timbun, boleh dijelaskan kepada kami berapa nilai investasi nya ini, “kata Irwan.

Kris selaku Direktur PT TBS menegaskan mereka sudah melakukan penelitian di area Pelabuhan Lampia. Kedalam, kedangkalan, tekanan arus dan ombak, disimpulkan Pelabuhan Lampia sangat baik untuk dijadikan pelabuhan bongkar muat.

Mereka juga akan membangun tangki timbun untuk menampung minyak kelapa sawit sehingga perusahaan kelapa sawit tidak perlu lagi ke Palopo mengirim minyaknya ke Surabaya.

“Nilai Investasi kita itu setelah kita hitung Rp100 Miliar, “ujar Kris.

Tak hanya itu pihaknya juga akan melakukan reklamasi seluas 18 Hektar di area pelabuhan untuk melengkapi infrastruktur pelabuhan.

“Kendala yang dihadapi saat ini adalah belum adanya izin rekomendasi dari pihak Syahbandar, jika izinnya ini sudah ada, besok juga kami sudah bisa bekerja. Kami usahakan sambil memperbaiki pelabuhan ini juga sudah beroperasi, “tambah Kris.

Untuk mengoperasikan Pelabuhan PT TBS juga sudah bekerja sama dengan salah satu pengusaha Tiongkok untuk bongkar semen di Pelabuhan Lampia, juga sudah mendatangi perusahaan kelapa sawit di Lutim dan sudah juga siap menjadikan Pelabuhan Lampia sebagai pelabuhan pengiriman barang.(Momo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *