Produk Herbal Sorowako Tembus Pasaran Nasional

oleh

UPOS, Luwu Timur – Kontribusi PT Vale di Kabupaten Luwu Timur tidak hanya menyumbangkan PAD terbesar dari sektor pertambangan. Namun dari sektor kesehatan andil PT Vale juga sangat terlihat jelas.

Di Desa Nikkel Kec.Nuha, PT Vale membina UKM khusus mengembangkan ramuan Herbal.Sekitar 50 jenis produk herbal berhasil diracik warga seputar Lingkar PT Tambang Nikkel Vale.

Produk Herbal ini sengaja dikembangkan untuk menumbuhkan kesadaran warga agar kembali menggunakan obat -obatan secara alami yang minim efek samping.

Iskandar Ismail, PKPM Officer PT Vale, Jumat ( 2/8/2019) dikonfirmasi menerangkan, kontribusi PT Vale dalam hal ini membantu mendatangkan semua bibit herbal yang ada di Nusantara di bawa ke Sorowako untuk di kembangkan di Lutim.

Tak hanya itu, Vale juga menggandeng Mutiara Timur untuk melatih warga mengemas produk herbalnya sehingga bisa laku dipasaran.

” Hingga saat ini binaan ramuan herbal ini sudah bisa dipasarkan bahkan sudah dipasarkan secara nasional ” Ungkap Iskandar

Kepala Desa Nikkel, Basar Jalali Tosalili, mengaku produk herbal yang dikembangkan didesanya sudah mendapat sertifikasi dari Kesehatan.

Dalam hal meracik ramuan herbalnya warga sudah mendapat pelatihan dari tim dokter yang juga menjadi pembina disektor kesehatan produk.

” Kami disini bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia, dari kerja sama ini warga desa Nikkel harus siap menyediakan produk herbal manakala diminta oleh tim dokter ” Ungkap Basar

Produk herbal yang sudah dikemas berupa minuman untuk obat kolestrol, Penyubur Wanita, Obat Stamina kejantanan Pria, Bedak Kecantikan dan masih banyak lagi herbal lainnya yang siap di jual.

Untuk tumbuhan herbalnya sebahagian dikembangkan di Desa Nikkel ada juga di desa lainnya yang berada di seputar lingkar tambang PT Vale.

Tumbuhan herbal yang dikembangkan cukup banyak, diantaranya, Bawang Hutan, Jahe, daun Mangkok, daun Dewa, Mahkota Dewa, Sambiloto, Kunyit,Sirih, Cinak Duri, Pucuk Kuda, dan masih banyak tumbuhan herbal lainnya.

” Kalau tidak salah sekitar 132 jenis tumbuhan herbal yang kami kembangkan di Desa Nikkel ” Tutup Basar. (UjungpandangPos /***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *