Perempuan Lutim Harus Maju, Begini Kiat nya

0 Komentar

UPOS,Luwu.Timur – Jika ingin sukses, Kaum Perempuan Luwu Timur harus keluar dari Paradigma Kasur,Sumur dan Dapur. Tiga hal inilah yang membuat kaum perempuan belum bisa mewujudkan Kesetaraan Gender. Demikian Kata Harisa Suharjo Anggota DPRD Lutim saat membawakan Materi dalam acara Workshop Kewirausahaan Bagi Perempua Kelompok Rentan. Kamis ( 29/8/2019) di Hotel Ilagaligo Malili.

Menurut Harisa berdasarkan data 2017. jumlah kelompok Ibu Rumah Tangga di Lutim sebanyak 35774. Jumlah ini sudah termasuk usia rentan.

Inilah yang harus diberikan pelatihan agar kaum perempuan bisa berbuat lebih yang bisa menyentuh pada kehidupan keluarga.

” Saya mengajak kaum perempuan Lutim harus berpikir dan bertindak paling tidak seperti kaum Pria, jangan terkungkung pada Kasur, Sumur dan dapur , bukan berati pula kita melupakan tugas kita sebagai seorang wanita, apalagi sebagai isteri” Ujarnya

Jika kaum perempuan tidak bisa membuat lompatan berpikir dan berkreasi maka jangan harap kesetaraan dan keadilan Gender itu bisa di wujudkan.

Acara Kewira Workshop kewirausahaan bagi perempuan kelompok rentan ini dilaksanakan oleh Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak .

Sukarti, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Lutim saat dikonfirmasi mengatakan kegiatan untuk memotivasi kaum wanita agar bisa berperan di segala bidang utama di sektor ekonomi keluarga.

Dengan Pelatihan ini setidaknya kaum wanita Lutim sudah punya keterampilan dan bisa membantu suami dalam hal mengurangi beban ekonomi keluarga.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, dan dihari terakhir nanti peserta akan dilatih bagaimana merias wajah sendiri.

” Ini kelihatannya sepele, padahal tata rias wajah ini tidak bisa dipisahkan dari kaum perempuan, bahkan tidak jarang untuk tampil cantik kaum ibu rumah tangga harus mengeluarkan uang yang banyak untuk ke salon ” Ungkap Sukarti

Sukarti berharap peserta yang bisa mengikuti pelatihan ini karena ini manfaatnya sangat baik bagi kaum perempuan. ( UjungpandangPos/***)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment