Pekan Budaya Daerah Sulsel 2019 digelar, ini event perlombannya

oleh

UPOS, Makassar– Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (SulSel) melalui Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Disbudpar) menyelenggerakan sejumlah lomba di Benteng Somba Opu, Kota Makassar.

Tepatnya tanggal 24 hingga 28 Agustus 2019. Setidaknya ada 10 jenis kegiatan akan mewarnai event bertajuk Pekan Budaya Daerah SulSel 2019, dan diikuti oleh Kabupaten Kota Se Sulawesi Selatan.

Untuk itu Disbudpar mengajak masyarakat SulSel meramaikan sekaligus ikut berlomba. Betapa tidak, disamping status juara menanti, keseruan berlomba tak kalah pentingnya.

Seperti disampaikan Syamsuniar Malik selaku Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Disbudpar SulSel bahwa lomba yang disiapkan berupa permainan tradisional yang dulu sangat jaya dimainkan masyarakat SulSel pada khususnya.

“Lombanya seputar permainan rakyat atau permainan tradisional. Ada lari kelereng, makan kerupuk dan tarik tambang”, jelasnya.

Jenis lombanya yakni ma’longga, ma’gasing, cerita rakyat dan kuliner khas daerah. Ditambah lomba hiburan berupa makan kerupuk, tarik tambang, lari kelereng, memasukkan paku dalam botol dan sepeda lambat.

Pekan Budaya Daerah Sulawesi Selatan untuk persiapan pelaksanaan Pekan Kebudayaan Nasional ( PKN ) yang akan berlangsung 7-13 Oktobet 2019 mendatang.

Sementara yang mewakili Sulawesi Selatan ke Pekan Kebudayaan Nasional 2019
Juara 1 Lomba Cerita Rakyat dan juara 1 maggasing.

Sementara Engrang juara I, II, III dan IV akan mewakili Sulawesi Selatan dimana Kabupaten Wajo sebagai juara III Engrang dan Juara IV Maggasing.

Adapun juara dari Kabupaten Wajo yang namanya sebagai berikut,
Juara III Ma’longga atas nama Ferdiansyah
dari SMP Satap 8 sengkang yang berhasil ke Jakarta pada bulan Oktober 2019 nanti,
Juara IV Ma gasing atas nama Frederik Tridianto. P dari SMP Negeri 1 Sengkang.

Drs H. Jasman Juanda, M.Si mewakili Bupati Wajo hadir dalam acara ini didampingi Drs.Sudirman Sabang Kasi Sejarah dan Tradisi Disdikbud Wajo, dimana dia mendampingi peserta lomba.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wajo mengatakan kalau acara ini merupakan salah satu bukti keseriusan pada pelestarian dan Pemajuan Kebudayaan sesuai dengan Undang Undang Nomor 5 thn 2017.

Juga dalam hal ini Drs. H. Jasman Juanda M. Si, sekaligus sebagai Ketua Tim Pokok-Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah ( PPKD ) Kabupaten Wajo.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *