Pantau Banjir Dari Pagi Sampai Malam Irwan Minta Warga Lutim Waspada

oleh
 UPOS, Luwu Timur – Dari Pagi hingga Malam hari. Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam memantau banjir yang merendam di empat kecamatan di Luwu Timur.Irwan bergabung dengan masyarakat untuk memantau perkembangan air yang belum menunjukkan tanda – tanda surut.

Pagi tadi, Senin (29/4/2019) lokasi pertama yang didatangi Wakil Bupati Lutim banjir yang terjadi di Desa Pongkeru Kecamatan Malili.

Usai di Malili, Irwan memantau banjir di Kecamatan Kalaena, Kemudian Kecamatan Mangkutana dan malam ini ia masih bertahan di lokasi banjir di Kecamatan Wotu.

Dilokasi banjir Irwan di dampingi Kadis Sosial, Sukarti, Kepala.BPBD Lutim, M.Zabur,Kasatpol PP, Indra Pawzi, Dinas Kesehatan dr April dan Dinas Perhubungan Andi Makaraka.

Irwan mengaku banjir ini cukup parah, curah hujan yang tinggi mengakibatkan ada tanggul di kalaena kiri jebol sehingga air meluap merendam pemukiman, kebun dan sawah warga.

Banyak harta benda warga rusak akibat terendam banjir, ratusan KK diungsikan.Meski demikian Irwan bersyukur semua SKPD ,Camat, Kepala Desa ,TNI dan Polri , Basarnas serta relawan bencana  alam Lutim bersatu padu menangani bencana banjir ini.

Menurut Irwan, untuk membantu pengungsi Dinas Sosial lewat Tagananya sudah membuka dapur umum di Kalaena, bahkan BPBD juga sudah membangun Posko Induk penanganan bencana.

” Malam ini hujan turun lagi, saya himbau seluruh warga Luwu Timur tetap waspada, sewaktu -waktu air naik lagi ” Ujar Irwan

Irwan meminta warga yang belum mau mengungsi segera tinggalkan rumah untuk mengungsi ke tempat yang sudah di tentukan BPBD. “Ini demi keselamatan saya minta warga segera mengungsi ketempat pengungsian ” Tandas Irwan

Irwan, juga menyempatkan diri menyapa dan memberi semangat kepada korban banjir yang tengah mengungsi di tenda pengungsi.

” Bapak Ibu yang sabar ya, ini masalah kita bersama, mari kita atasi ini bersama pula, kami pemerintah tidak akan tinggal diam untuk bencana ini ” Pungkas Irwa

Kepada para relawan, Tagana, PMI dan Personil BPBD diminta siaga satu di lokasi bencana, kalau perlu siaga 24 jam, karena situasi tidak memungkinkan, hujan lebat lagi malam ini. (UjungpandangPos/***)