Melasti di Ujung Suso, Ini Janji Husler

oleh

UPOS,Luwu Timur –  Bupati Luwu Timur Muhammad Thorig Husler berbaur bersama warga Bali di Pantai Ujung Suso untuk merayakan Melasti. Senin ( 4/3/2019)

Kehadiran Husler dan sejumlah Kepala Dinas ini disambut antusias umat Hindu yang akan menggelar ritual Melasti.

Dalam kesempatan itu, Husler berjanji akan memasukkannya dalam APBD kegiatan Melasti ini agar tahun depan upacara ini sudah ada anggarannya yang jelas.

” Saya baru tahu, ternyata setiap kali Melasti dananya hasil swadaya umat Hindu sendiri, katanya setiap KK di minta sumbangan Rp.10.000.Tahun depan upacara ini sudah ada anggarannya dari pemerintah karena akan saya masukkan dalam APBD ” Ujar Husler seraya mendapat aplus dari umat hindu yang hadir

Selain itu, Husler juga berjanji akan membangun pagar keliling di patung Dewa Ganesa. Ide ini muncul setelah melihat langsung kondisi patung Dewa Ganesa tersebut.

” Ini patung harus dibuatkan pagar keliling, jangan sampai ada yang selfi naik sampai di atas kepala patung, sementara bagi umat hindu patung ini sangat disucikan,sementara Pantai Ujung Suso ini obyek wisata terbuka untuk umum ” Kata Husler

Masih ada lagi janji Husler yaitu, akan membangun tanggul pemecah ombak, ini juga penting agar tanggul yang sudah dibangun tidak rusak akibat tergerus ombak laut.

Upacara Melasti ini diikuti 16 desa di Luwu Timur dihadiri sekitar 4000 umat Hindu di Lutim.Melasti ini merupakan agenda rutin tahunan dilaksanakan menjelang masuknya hari raya Nyepi, 7 Maret 2019.

Husler juga menghimbau, seluruh warga non Hindu untuk menghormati ibadah umat Hindu saat menjalani Nyepi. (UjungpandangPos/***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *