Malam Ini Jumlah ODP Di Lutim Naik 78 Orang, Satu Orang Sudah Isolasi di RSUD Ilagaligo Wotu

oleh

UPOS, Luwu Timur – Tim Gugus Tugas PP covid -19, Kabupaten Luwu Timur malam ini Kamis ( 26 /03/2020 ) kembali melansir data terbaru perkembangan penanganan covid-19 di Luwu Timur. Dimana jumlah kasus ODP mengalami peningkatan sangat drastis sudah mencapai angka 78 orang. Sementara pasien berstatus PDP masih tetap 4 orang.

Menurut Masdin, Jurubicara covid -19 Kabupaten Luwu Timur peningkatan jumlah pasien ODP ini lantaran sudah ada kesadaran warga untuk datang memeriksakan diri di Puskesmas masing-masing dan kerja keras pihak Puskesmas dalam menjemput pasien untuk diperiksa.

Jika dibandingkan dengan tiga hari terakhir lompatan angka ini terbilang sangat cepat dan tinggi, dimana jika membandingkan pada 24 Maret 2020, jumlah ODP hanya 49 orang, PDP 4 orang. Per 25 Maret 2020, ODP naik 58 orang dan PDP tetap 4 orang. Kini pada 26 Maret 2020 naik lagi menjadi 78 ODP dan 4 orang PDP.

Sementara jumlah warga yang masuk dalam kategori monitoring mandiri dari 585 naik menjadi 752. Jumlah ini juga mengalami kenaikan karena masing-masing puskesmas berhasil mendapatkan warga Lutim yang baru tiba di Luwu Timur yang dianggap berisiko terjangkit virus corona karena memiliki riwayat perjalanan pernah berada di wilayah terpapar virus corona . ” Jadi mereka ini sepintas sehat tapi tetap dianggap berisiko , harus menjalani Isolasi mandiri dirumah masing-masing dan keberadaannya tetap dalam pemantauan tim medis ” Ujar Masdin.

Kemudian dari 78 orang yang masuk dalam ODP tersebut, 77 orang sudah menjalani pemeriksaan di Puskesmas dan kini sudah kembali kerumah masing-masing untuk menjalani isolasi mandiri sambil dipantau perkembangannya. Selanjutnya Satu orang ODP di Isolasi di RSUD Ilagaligo.

Dengan melihat grafik peningkatan ini, maka jalan satu-satunya buat warga Lutim harus membatasi ruang gerak, menghindari kegiatan yang mengundang banyak orang, meningkatkan imunitas tubuh dengan mengonsumsi vitamin E dan C , senantiasa menggunakan masker bagi mengalami flu batuk dan tidak bepergian ketempat yang sudah terpapar virus corona. ( UjungpandangPos/***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *