Makan Buah dan Berhenti Merokok Anda Membantu Menekan Kematian Akibat PTM

0 Komentar

UPOS,Luwu Timur- Masyarakat Luwu Timur di minta gemar makan buah dan sayur untuk menekan angka kematian yang disebabkan Penyakit Tidak Menular, Demikian disampaikan Ainis Andis  Anrika Asisten Administrasi Umum saat mewakili Bupati Luwu Timur, dalam acara menyusunan Rencana Operasional Germas tahun 2019 bersama Lintas  Sektor, bertempat di Balroom Hotel I Lagaligo, Kec. Malili, Senin (08/04/2019).

Menurut Aini Anrika, Penyakit Tidak Menular yang banyak merenggut jiwa, seperti Penyakit Jantung,Stroke dan penyakit lainnya.

Olehnya itu , selain ajakan mengonsumsi buah -buahan dan sayuran, kebiasaan buruk seperti merokok dan minum minuman beralkohol juga harus dihentikan.

Saat ini Indonesia  telah mengalami perubahan pola penyakit dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular (PTM) .

Peningkatan kasus Penyakit Tidak Menular (PTM) ini tentu saja akan menambah beban masyarakat . Jika tidak ada upaya serius yang dilakukan secara signifikan, maka kecenderungan kesakitan, permintaan pelayanan kesehatan hingga kematian akan terus mengalami peningkatan.

” Pola hidup sehat harus berubah, aktivitas fisik harus meningkat sehingga tidak terserang penyakit tidak menular ” Ungkap Anrika

Dalam upaya mengoptimalkan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) sekaligus untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang gaya hidup sehat, maka Pemerintah Kabupaten Luwu Timur melalui Dinas Kesehatan menyusunan Rencana Operasional Germas tahun 2019 bersama Lintas  Sektor.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Balobo Abbas melaporkan, Kegiatan ini diikuti sebanyak 20 orang peserta dengan menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan.

Tindak lanjut kegiatan ini nantinya adalah meningkatkan sosialisasi secara preventif kepada masyarakat agar memahami hidup sehat dengan memperhatikan kebersihan lingkungan, dan menghindari kebiasaan buruk seperti merokok dan menenggak minuman beralkohol.

” Semua sudah paham merokok dan menenggak alkohol itu merusak kesehatan dan menyebabkan gangguan pada jantung ” Terang Balobo

Selain itu, ia menambahkan, dengan adanya susunan rencana operasional Germas ini, diharapkan agar dapat meningkatkan peran lintas sektoral dalam Germas dan Informasi Pedoman Umum tentang program Germas dapat disosialisasikan kepada masyarakat luas. ( UjungpandangPos/***)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment