Kabid Bina Marga PUPR Luwu Timur Ciptakan Aplikasi Sijamata Untuk Memudahkan Pelayanan Terhadap Warga

0 Komentar

UPOS, Luwu Timur – Kabid Bina Marga Dinas PUPR kabupaten Luwu Timur , Syahrir Syahruddin berhasil membuat satu inovasi baru dalam hal mempercepat pelayanan dan pendataan yang valid terkait persoalan Jalan dan Jembatan yang ada di Kabupaten Luwu Timur . Aplikasi Sijamata ini ia ciptakan setelah mengikuti Diklatpim III . Proyek Perubahannya ini secara resmi di perkenalkan kepada warga pada Jumat, (20/11/2020 ) di Kecamatan Nuha.

Syahrir Syahruddin , menjelaskan, tujuan aplikasi Sijamata ini mempermudah memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait informasi jumlah Jalan dan Jembatan yang ada di Kabupaten Luwu Timur termasuk yang membutuhkan penanganan cepat dari Dinas PUPR .

Menurut Syahrir , Aplikasi yang ia ciptakan ini bisa diakses seluruh warga kabupaten Luwu Timur secara online. Lewat aplikasi ini warga tidak perlu lagi datang ke kantor PU untuk melaporkan jika ada jalan dan jembatan yang rusak . Tidak perlu lagi ke Dinas PU hanya untuk meminta data jembatan dan jalan di Luwu Timur . ” Cukup mengklik saja aplikasinya otomatis sudah bisa terbaca datanya . ” Ungkap Syahrir .

Camat Nuha Aswan Azis yang membuka sosialisasi Sijamata ini mengatakan, inovasi yang diciptakan Kabid Bina Marga Dinas PUPR Lutim ini sangat baik. Ini akan memudahkan warga melaporkan jika ada jalan dan jembatan ang rusak disekitar warga .

” Ini program yang sagat bagus , saya pikir aplikasi yang diperkenalkan ini memudahkan dan mempercepat respon pemerintah dalam hal meningkatkan pelayanan kepada warga . Penerapan sistem informasi data base jalan dan jembatan melalui aplikasi ini adalah merupakan yang pertama di terapkan di provinsi Sulawesi Selatan dan bahkan yang pertama di luar pulau Jawa ” Ujar Aswan .

Lanjut Aswan, proyek Perubahan yang dilakukan oleh saudara Saharuddin ini untuk mengembangkan sistem informasi yang berbasis data spasial, sebab lewat aplikasi ini seluruh jalan dan jembatan di masukkan ke dalam aplikasi sehingga tinggal klik di aplikasi tersebut maka data jalan dan jembatan akan langsung terlihat, baik ukuran, jenis jalan serta kondisi jalan yang ada .

Tentunya ini akan menjadi sumber informasi bagi Pemerintah Kabupaten Luwu Timur terutama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataaan Ruang dalam upaya membangun infrastruktur daerah melalui pemanfaatan Sistem Informasi Jaringan Jalan dan Jembatan yang berbasis data spasial menggunakan komputer secara internet .

Seanjutnya, hasil dari perancangan system informasi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi secara optimal dalam meningkatkan kinerja Dinas PUPR Kab. Luwu Timur terutama dalam hal pengelolaan jaringan jalan dan jembatan di Kabupaten Luwu Timur .

Sosialisasi Sijamata ini di ikuti oleh Lurah, Kepala Desa se Kecamatan Nuha, BPD Sekacamatan Nuha dan Tokoh Masyarakat . ( UjungpandangPos /***)

Penulis : ***
Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment