Jemput Eksodus Wamena, Husler Pimpin Pemulihan Psikologis

0 Komentar

UPOS,Luwu Timur – Tengah malam dini hari tadi, Bupati Luwu Timur Muh.Thorig Husler menjemput langsung 88 orang warganya yang tiba di Pelabuhan Sukarno . Warga Lutim ini memilih eksodus kekampung halaman karena pasca kerusuhan di Wamena hingga kini kondisinya belum sepenuhnya aman .

Keberadaan Husler di Pelabuhan Sukarno tersebut didampingi Kepala Dinas Sosial P3A , Sukarti dan Kepala BPBD Lutim. M.Sabur.

Husler berada di Pelabuhan Sukarno sekitar pukul 21.00 Wita. Namun ternyata KM Sinabung baru sandar di Pelabuhan sekitar pukul 24.00 Wita.

” Kita dapat info katanya KM Sinabung Belabuh pukul 21.00 Wita, Ternyata jadwal bergeser, Kapal laut itu baru merapat dan menurunkan penumpangnya sekitar pukul 24.00 Wita dini hari. “Ujar Husler

Setelah melakukan penurunan penumpang, seluruh warga Lutim yang eksodus ini ditampung dalam satu ruang untuk diperiksa kesehatan termasuk barang bawaan mereka.

Selanjutnya para pengungsi ini diberikan terapi penyembuhan pasca bencana. Pemulihan psikologis pasca bencana ini penting khususnya bagi kalangan anak -anak. Dimana pengalaman tiba -tiba yang mereka rasakan dan saksikan itu akan menimbulkan rasa ketakutan dan trauma.

” Inilah salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Luwu Timur terhadap warganya. Dimana mereka ini semua korban dan harus dibantu agar cepat keluar dari kesulitan ” Pungkas Husler

Selanjutnya pada Selasa Pagi, Sekitar Pukul 1.00 Wita , 88 orang pengungsi ini diarahkan untuk naik di bus dan melanjutkan perjalanannya menuju kampung halaman Luwu Timur.

Dalam perjalanan pulang ini, para pengungsi di kawal langsung kepala BPBD Lutim Muh.Zabur.

” Ada tiga bus kita sediakan, jadi mereka menuju Lutim dengan menggunakan tiga bus ,Dua Bus Alam Indah satu Bigtop ” Kata Zabur

Lanjut Zabur, Secara keseluruhan kondisi mereka sehat semua. Kemudian pemerintah daerah akan memikirkan untuk pemberian bantuan berupa sandang dan pangan.

” Ini juga penting agar mereka bisa bertahan hidup selama tiba di kampung halaman. Dengan demikian sekitar seratusan orang sudah warga Lutim yang eksodus dari Wamena ” Kunci Zabur
(UjungpandagPos/***)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment