Ini Pesan Husler Untuk Pengawas Pemilu Di Lutim

0 Komentar

UPOS, Luwu Timur – Bupati Luwu Timur, H. Muhammad Thorig Husler berpesan, Jadilah Pengawas yang baik dalam Pilkada Luwu Timur 2020.Pesan ini disampaikannya saat menyaksikan Pelantikan 33 Orang Anggota Panwascam di Hotel Ilagaligo Malili,Minggu (22/12/2019)

Menurut Husler, Bawaslu saat ini memiliki kewenangan yang kuat yang diberikan oleh negara. Untuk itu Bawaslu termasuk anggota Panwascam bisa menunaikan Tugas dan Tanggung Jawabnya ini dengan baik.

Dengan kewenangannya yang melekat, Bawaslu bisa mendiskualifikasi calon tertentu jika terbukti melanggar aturan.

“Pengawas Pemilu memiliki tugas dan kewenangan yang lebih kompleks. Karena Pengawas Pemilu merupakan lembaga resmi yang dibentuk oleh Negara dan memiliki tugas khusus untuk melakukan Pengawasan Pemilu. Tidak hanya memiliki kewenangan untuk mengawasi proses penyelenggaraan di tiap tahapan Pemilu, namun Pengawas Pemilu juga memiliki kewenangan untuk menyatakan kesahan dan keabsahan dari tahapan Pemilu, sejak proses persiapan sampai proses penetapan hasil Pemilu,” ujar Husler.

Lanjut Husler,  tidak lama lagi kita akan memasuki tahapan perhelatan demokrasi di Kabupaten Luwu Timur yakni Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Tahun 2020. Harapan kita semua semoga pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur Tahun 2020 dapat berjalan aman tanpa ada kendala yang berarti.

Saya perlu ingatkan bahwa pengawasan yang baik terhadap Pemilu berarti menjaga integritas Pemilu yang berkualitas. Oleh karena itu, diperlukan sebuah instrument pengawasan yang mampu memberikan jaminan legitimasi demokratis dari pelaksanaan Pemilu.

“Saya mengharapkan Kepada Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan dapat mewujudkan Pemilu yang berintegritas menjalin sinergi dengan Pemerintah Daerah diseluruh tingkatan, Aparat Keamanan dan instansi yang terkait,” Tutup Husler  (UjungpandangPos/***)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment