Ini Harapan Kades Di Mahalona Raya Saat Dialog Dengan Dirjen Kementerian Desa Tertinggal

0 Komentar

UPOS,Luwu Timur – Kepala Desa Libukan Mandiri, Syahril, meminta Dirjen Pengembangan Kawasan Wilayah Kementerian Desa Tertinggal untuk membantu percepatan pengembangan kawasan pertanian di Lima Desa di Mahalona Raya di Kabupaten Luwu Timur . Ini disampaikannya saat menerima kunjungan Harlina Sulistyorini Dirjen Pengembangan Kawasan Desa Tertinggal , Rabu ( 02/12/2020 ) .

Menurut Syahril, Lima desa yang berada di Mahalona Raya , yakni Desa Libukang Mandiri , Tole, Kalosi, Buangin, dan Desa Mahalona juga masuk dalam kawasan Pembangunan Kota Terpadu. Namun sarana dan prasarananya masih belum memadai .

Di sektor persawahan, diakuinya di Lima Desa yang masuk dalam pengembangan desa tertinggal memiliki luas areal persawahan sangat memadai . Namun demikian banyak hal yang masih menjadi kendala petani di Lima Desa tersebut sehingga harapan untuk menambah pendapatan petani dari sektor pertanian masih minim .

” Petani disini masih terkendala air untuk mengairi sawah , irigasi yang kurang baik menyebabkan pembagian air tidak merata, ada yang kelebihan air malah ada yang kekeringan . ” Ujar Syahril .

Syahril juga berharap lewat Dirjen Kementerian Desa Tertinggal bisa memberikan bantuan alsintan kepada petani dan menjamin ketersediaan pupuk . Karena pupuk selalu langka , petani sebenarnya punya uang untuk membeli pupuk subsidi tapi pupuknya yang tidak ada sehingga ini juga mempengaruhi produktivitas petani di Lima Desa ini . ” Terang Syahril .

Dirjen Pengembangan Kawasan Wilayah Kementerian Desa dan PDT, Harlina Sulistyorini, dalam sambutannya mengatakan pihaknya sudah melihat langsung kondisi pertanian di Mahalona Raya. Menurutnya untuk melakukan percepatan pengembangan kawasan bukan hanya segi infrastruktur yang harus digenjot. Seiring dengan itu aparat pemerintahan desa juga harus melakukan pengembangan kafasitas .

” Kami bersyukur di Luwu Timur ini ada PT Vale yang siap menjadi mitra dalam hal pengembangan kafasitas dan membantu dalam pengembangan sistem pertanian di Lima Desa ini . Di Daerah lain banyak pengusaha tapi minat untuk membantu pengembangan desa sama sekali tidak . ” Ungkap Sulistyorini .

Untuk pengembangan kawasan , kami siap akan memberikan bantuan, untuk itu silahkan masukkan apa yang dibutuhkan, yang jelas dengan adanya bantuan sarana dan prasarana bisa merubah desa ini menjadi desa maju dan berkembang . ( UjungpandangPos/*** )

Penulis : ***
Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment