Ini Dia Juara Piala Dunia 2018

oleh
Prancis keluar sebagai juara usai menuntaskan perjuangan Kroasia dengan skor akhir 4-2.(Foto : int.)

MOSKOW– Laga puncak yang memperebutkan gelar Juara Piala Dunia 2018, yang mempertemukan antara Tim Nasional (Timnas) Prancis kontra Kroasia di Stadion Luzhniki, Rusia, Minggu (15/7/2018) malam, berlangsung dengan sangat sengit. Akan tetapi, pada akhirnya Prancis keluar sebagai juara usai menuntaskan perjuangan Kroasia dengan skor akhir 4-2.

Jalannya Pertandingan:

Babak Pertama: Sejak laga dimulai, kedua tim langsung mencoba untuk bermain menyerang. Krosia yang menggunakan jersey berwarna putih merah kotak-kotak itu menjadi tim yang pertama untuk dapat memiliki kesempatan untuk menyerang tim pertahanan lawan.

Hampir bisa dibilang di menit 10 babak pertama Luka Modric dan kawan-kawanlah yang mendominasi permainan. Beberapa kali mereka bahkan mampu menyerang Les Bleus –julukan Timnas Prancis–, namun sayang ketatnya lini pertahanan Prancis masih tak dapat dibobol oleh penggawa Kroasia.

Meski menguasai jalannya pertandingan di menit-menit awal babak pertama, namun Kroasia harus menerima bahwa merekalah yang harus tertinggal terlebih dahulu. Pasalnya, penyerang Vatreni –julukan Timnas Kroasia–, Mario Mandzukic, melakukan gol bunuh diri pada menit ke-18.

Gol bunuh diri itu sendiri tercipta dimulai dari tendangan bebas Antoine Griezmann yang tepat mengarah ke dalam kotak penalti Kroasia. Akan tetapi, Mandzukic yang bermaksud untuk menghalau tendangan Griezmann itu, justru malah membuat arah bola berubah ke arah gawang Kroasia.

Kroasia tak pantang menyerah. Perlahan mereka mulai bangkit kembali dan terus menggempur lini pertahanan Prancis. Tak ayal, pada menit ke-28 Stadion Luzhniki langsung bergemuruh dengan teriakan para pendukung Kroasia karena Ivan Perisic mampu menyamakan kedudukan usai memanfaatkan kemelut di mulut gawang Prancis.

Kendati demikian, Prancis kembali dapat unggu kembali di menit ke-38 melalui sepakan Griezmann. Gol Griezmann itu tercipta lantaran dirinya mendapatkan hadiah penalti dari wasit karena bek Kroasia dianggap melakukan handsball di dalam kotak penalti timnya. Prancis 2, Kroasia

Babak Kedua:

Memasuki babak kedua, baik Prancis dan Kroasia masih bermain dengan menyerang. Prancis yang unggul satu angka ternyata tak menurunkan tensi penyerangan mereka. Bahkan, Paul Pogba dan kawan-kawanlah yang bisa dibilang paling banyak menyerang di menit-menit awal babak kedua.

Tak ayal, pundi-pundi gol Prancis pun terus bertambah pada menit ke-59. Pogba menjadi pemain pertama Prancis yang mencetak gol di babak kedua final Piala Dunia kali ini. Dengan melesatkan tendangan melalui kaki kirinya, bola tersebut langsung menusuk gawang Kroasia yang dikawal Danijel Subasic.

Tak cukup sampai situ, Prancis kembali mencetak gol pada menit ke-65. Kali ini, giliran Kylian Mbappe yang dapat mencatatkan namanya di papan skor usai melakukan tendangan dari luar kotak penalti. Prancis 4, Kroasia 1

Kroasia tak tinggal diam, Mandzukic yang membuat kesalahan karena bunuh diri di babak pertama langsung membayar kesalahannya di menit ke-69. Pemain Juventus itu mampu memanfaatkan kesalahan kiper Prancis, Hugo Lloris yang melakukan salah oper di depan gawang. Kini jarak kedua tim hanya terpaut dua gol saja.

Sejak memasuki menit ke-70, tempo permainan mulai melambat. Prancis yang sudah unggul tersebut bermain dengan jauh lebih hati-hati. Akan tetapi, Kroasia masih tetap berusaha melakukan serangan agar dapat menyamakan kedudukan.

Akan tetapi, pada akhirnya tak ada lagi gol yang tercipta hingga wasit meniupkan peluit panjang pertanda pertandingan telah berakhir. Prancis yang menang 4-2 atas Kroasia di final tersebut, sudah cukup untuk membuat Les Bleus menjadi Juara Piala Dunia 2018.(*)

 Berikut Susunan Pemain:

PRANCIS XI(4-2-3-1): Hugo Lloris; Benjamin Pavard, Raphael Varane, Samuel Umtiti, Lucas Hernandez; N’Golo Kante, Paul Pogba; Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, Blaise Matuidi; Olivier Giroud.

KROASIA XI(4-2-3-1): Danijel Subasic; Sime Vrsaljko, Dejan Lovren, Domagoj Vida, Ivan Strinic; Ivan Rakitic, Marcelo Brozovic; Ante Rebic, Luka Modric, Ivan Perisic; Mario Mandzukic.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *