Ini Desa Di Lutim Yang Layak Jadi Percontohan

0 Komentar

UPOS,Luwu Timur – Salah satu Desa di Luwu Timur yang banyak menuai prestasi adalah Desa Nikkel. Di akhir tahun ini Pemerintah Luwu Timur menetap Desa Nikkel juara Satu Kampung Organik dan mewakili Lutim ke tingkat Provinsi Sulsel.

” Tingkat Kabupaten Desa Nikkel ditetapkan Juara Satu Kampung Organik, Alhamdulillah artinya apa yang kami lakukan sudah mendapat pengakuan dari Pak Bupati ” Ujar Basar J Tosalili, Selasa (2/12/2019).

Menurut Basar, Semenjak dia menjadi kepala Desa Nikkel, inovasi pertama yang dilakukannya adalah menyulap tempat pembuangan sampah menjadi taman herbal.

Taman Herbal ini dikerjakannya menggunakan dana pribadi yang dikerjakannya secara bertahap. Ratusan jenis tumbuhan herbal dikembang biakkan di taman Herbal tersebut.

Setelah ini berhasil upaya yang dilakukan Basar adalah bagaimana mengolah tumbuhan herbal tersebut menjadi obat yang sudah dikemas.

Akhirmya ia mengirim warganya untuk ikut pelatihan khusus mengolah tumbuhan herbal. Al hasil semua yang ikut pelatihan mampu meracik tumbuhan herbal tersebut untuk berbagai jenis penyakit termasuk membuat obat kuat herbal.

” Kini obat herbal Desa Nikkel sudah dipasarkan sampai ke Jakarta, karena dalam hal pemasaran kami bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia, nah lewat IDI inilah kami mengirim herbal yang dipesan ” Ungkap Basar

Sebagai pengembangannya, Absar juga mengarahkan warganya untuk menanam tanaman herbal dan sayuran di perkarangan rumah masing-masing. Nah ketika ini di perlombakan maka bukan hal yang baru bagi Basar karena ia sudah membuat lompatan inovasinya sampai pada tahap meracik dan mengemas dan memasarkan.

Atas keberhasilan ini, salah satu desa di Morowali Utara sudah datang untuk melakukan study Banding ke Desa Nikkel terkait program Pemanfaatan tanaman herbal . ( UjungpandangPos/***)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment