Husler Ingin Tambah Lagi Modal KUBE Tahun Depan

0 Komentar

UPOS, Luwu Timur – Program Kelompok Usaha Bersama salah satu cara pemerintah Luwu Timur untuk mengentaskan angka kemiskinan. Olehnya itu tahun depan modal usaha untuk KUBE ini akan ditambah lagi. Demikian kata Bupati Luwu Timur. Muh.Thoriq Husler saat menyaksikan penyerahan Bantuan Sosial Tahun Anggaran 2020 bagi Kelompok Usaha Bersama dan Jaminan Hidup bagi Anak Panti, Lansia dan Disabilitas. Aacara penyerahan bantuan ini dilaksanakan , Selasa (04/08/2020 ) di Gedung Simpurusiang Malili.

Penyerahan bantuan ini dilakukan oleh Kepala Dinas Sosial P3A Luwu Timur, Sukarti didampingi Husler, Camat dan para kepala desa. Ada 27 Kelompok Usaha bersama yang menerima bantuan tersebut .

Menurut Husler, program ini akan terus dievaluasi setiap tahun. Jenis usaha yang dikembangkan oleh masing-masing kelompok akan dipantau. Olehnya itu kelompok yang sudah menerima bantuan ini harus mengembangkan usahanya sesuai dengan proposal yang diajukan.

” Sekali lagi tujuan program ini untuk mengentaskan kemiskinan di Luwu Timur. Modal usaha ini diberikan agar warga bisa berpartisiapasi dibidang usaha apa saja yang disesuaikan dengan modal yang ada, untuk itu manfaatkan modal ini dengan baik karena harapan kami dari pemerintah usaha yang dikembangkan bisa maju dan pengelolanya bisa sejahtera. ” Ungkap Husler.

Husler mengatakan, berdasarkan evaluasi, usaha menjual barang campuran tidak cocok, karena sudah banyak warga yang diberikan modal dan sekarang usahanya tutup. Alangkah bagus jika sektor usahanya bergerak di perternakan, ikan atau kambing. Kata Husler.

Data dari Dinas Sosial P3A Luwu Timur, menerangkan Bantuan Usaha Bersama bagi keluarga Fakir Miskin sebanyak 25 Kelompok tersebar di 11 kecamatan anggarannya sebesar Rp . 625 Juta . Bantuan Usaha Bersama bagi Penyandang Cacat dua Kelompok pada dua Kecamatan Anggarannya Rp 85 Juta. Pemberian Jaminan Hidup bagi Penghuni Panti dan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak sebanyak 250 anak pada8 LKSA tersebar di enam Kecamatan Anggarannya Rp . 495. Juta.

Kemudian Pemberian Jaminan Hidup bagi Penyandang Cacat Berat sebanyak 20 Orang tersebar di 11 Kecamatan, Rp 102 Juta . Dan Fasilitas pemberian Jaminan Hidup bagi Lanjut Usia kurang mampu sebanyak 30 Orang di 11 Kecamatan Rp. 108 Juta. Sehingga total bantuan Rp.1. 415.000.000 ( Satu Miliar Empat Ratus Lima Belas Juta Rupiah ) . ( UjungpandangPos/***)

Penulis : ***
Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment