Gerak Cepat Husler Tangani Musibah Banjir di Lutim

0 Komentar

UPOS,Luwu Timur – Sikap tanggap diperlihatkan Bupati Luwu Timur Muhammad Thorig Husler untuk mengatasi musibah banjir yang melanda puluhan rumah di Desa Balambano . Kec.Wasuponda Luwu Timur, Minggu (10/05/2020 ) . Ia memerintahkan Kepala Dinas PU Luwu Timur Syahrir untuk segera mengerahkan alat berat melakukan Normalisisasi Sungai Togo. ” Pak Kadis PU , segera turunkan alat berat disini, lakukan normalisasi, jika tidak sungai ini akan meluap terus dan warga disini akan selalu dilanda banjir setiap kali curah hujan tinggi ” Ungkap Husler saat meninjau lokasi banjir tersebut.

Menurut Husler, usulan warga ada dua hal yang harus dilakukan untuk mengatasi banjir yakni mengeruk aliran sungai Togo dan membuat jembatan gorong-gorong. Yang bisa kita lakukan cepat saat ini adalah melakukan normalisasi aliran sungai, jika menyangkut penggantian jembatan dengan menggunakan jembatan gorong-gorong hal ini akan dikomunikasikan dengan PT Vale mengingat jembatan tersebut masih aset PT Vale.

Oleh Syahril perintah Bupati tersebut segera akan dilaksanakan. ” Iye bisa ji aji, secepatnya saya turunkan alat berat ke Balambano ” Jawab Syahrir.

Kemudian Husler berkoordinasi dengan Syawal Manajemen PT Vale untuk menyampaikan kepada pihak Perusahaan keinginan warga untuk mengganti jembatan dengan gorong-gorong. Lalu Syawal menjelas hal ini akan dibicarakan dulu secara kedalam internal perusahaan . ” Mudah-mudahan ada jalan keluarnya , seperti yang sudah-sudah asal untuk kepentingan orang banyak Vale biasanya tidak pernah neko-neko. Kata Syawal

Lanjut Husler, menyarankan seluruh warga desa Balambano bersabar, pemerintah akan segera melakukan pembenahan untuk mengatasi banjir. Husler juga mengaku prihatin bencana ini terjadi saat warga tengah khusyuk melaksanakan ibadah Puasa. ” Saya bisa merasakan kesulitan warga akibat banjir ini, disatu sisi warga kita harus menjalani ibadah puasa disisi lain sibuk berjibaku dengan banjir , inilah saya datang memastikan pemerintah tidak akan tinggal diam dan akan memabntu semaksimal mungkin untuk mengatasi banjir tersebut. ” terang Husler.

Husler juga bangga saat tiba dilokasi bencana banjir, para relawan sudah hadir dilokasi lengkap dengan perahu karet untuk membantu warga yang mengalami musibah banjir.

Husler kelokasi banjir didampingi Kadis PU Syahril, Kabag Humas . Muh. Rezki Alamsyah, Camat Wasuponda, Joni Patabbi dan Kepal Desa Balamban Hailurllah. Dilokasi Husler masih mendapati banjir yang masih menggenangi halaman rumah warga meski kondisinya sudah surut.

Menurut Hairullah, Banjir terjadi akibat curah hujan yang turun sangat tinggi pada malam hari dan berlangsung sampai pagi, mengakibatkan Sungai Togo meluap. Luapan sungai ini tidak hanya menggenangi rumah warga juga merendam puluhan hektar kebun warga.

” Kami bersyukur kejadian ini disikapi pak bupati dengan cepat, semoga dengan dilakukan normalisasi aliran sungai banjir tidak akan terjadi lagi . ” Ungkap Hairullah.

Untuk diketahui, selain banjir di Balambano, Banjir juga terjadi  di Desa Ussu,  Desa Kawata, Desa Jalajja ,  khusus Tarabbi  adalah bencana Tanah Longsor yang hampir memutuskan jalan penghubung antar desa  diwilayah tersebut . ( UjungpandangPos/***)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment