Firman Sebut Pemerintah Luwu Timur Binasakan PT PUL. Begini Reaksi DLH Dan DPRD Lutim

0 Komentar

UPOS,Luwu Timur – Manajemen PT PUL menyebut Pemerintah Kabupaten Luwu Timur membinasakan PT PUL . Kalimat ini diucapkan oleh Firman Manajemen PT PUL saat pertemuan di Aula Dinas Lingkungan Hidup Luwu Timur ,Senin ( 9 /11/2020 ) . Pernyataan Firman ini menanggapi banyaknya kritikan dari warga dan Pemerintah terhadap aktivitas Penambangan PT PUL yang dianggap belum memenuhi standart .

” Kami ini minta dibina, jika ada yang salah, bukan dibinasakan . ” Ucap Firman
Kalimat yang keluar dari Firman ini sontak mendapat reaksi dari Anggota DPRD Luwu Timur Alfian Alwi dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Luwu Timur Andi Tabacina .

” Minta maaf pak , tolong kalimatnya kami membinasakan itu diperjelas, kalimat itu tidak elok kami dengar, sampai hari ini kami masih menghargai bapak, dan terus mengarahkan bapak sesuai instruksi Inspektur Tambang . ” Kata Tabacina .

Kemudian Alfian Alwi juga mengatakan ia keberatan dengan kalimat membinasakan tersebut . Sampai saat ini pemerintah Luwu Timur masih tidak pernah membinasakan PT PUL . Bapak bisa beroperasi dan menambang di Luwu Timur itu bukti kami pemerintah Luwu Timur tidak membinasakan bapak .

Kenapa PT PUL disoroti karena PT PUL tidak punya itikad baik melaksanakan instruksi Inspektur Tambang ESDM terkait penambangan yang ramah lingkungan . Sekiranya PT PUL ini mau berjalan mengikuti aturan tidak sampai seperti ini penolakan warga .

Selama ini PT PUL terkesan hanya mau menguras nikkel yang ada di Luwu Timur tapi tidak bersedia mematuhi semua aturan . Harusnya delapan poin instruksi tersebut dipenuhi PT PUL dulu setelah itu baru melakukan penambangan . Yang terjadi instruksi belum dilaksanakan secara tuntas PT PUL sudah melakukan kegiatan penambangan .

” Pemerintah Luwu Timur tetap mengarahkan dan membina PT PUL melalui aturan yang berlaku. Laksanakan saja pak sesuai aturan saya yakin tidak banyak komplain dari masyarakat . ” Ungkap Alfian .

Setelah disoroti demikian Firman mengklarifikasi kembali maksudnya membinasakan itu mengharapkan terus bimbingan dari pemerintah Luwu Timur apa-apa yang harus dikerjakan . Jika kita melakukan penanaman harusnya seperti apa, karena kedepan ini nanti kami akan melibatkan karangtaruna untuk melakukan penanaman pohonnya. ( UjungpandangPos/***)

Penulis : ***
Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment