Dua Peserta CPNS Asal Sulsel Raih Nilai Tertinggi Nasional

oleh

 

UPOS, Makassar– Kabar membanggakan datang dari dua peserta tes CPNS asal Sulawesi Selatan. Di hari kedua tes, Rabu, 29 Januari 2020, Mauliddah Ekasari Barlian (27) dan Eka Sriyana Rasyid (30) berhasil memperoleh nilai tertinggi secara nasional. Baik Mauliddah maupun Eka Sriyana Rasyid berhasil memperoleh nilai tertinggi dari seluruh peserta CPNS dari seluruh formasi kementerian dan pemerintah daerah se-Indonesia.

“Sangat senang dan bersyukur, kaget dan tidak sangka,” seru Mauliddah usai berbincang dengan Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman di ruang kerja Wagub Sulsel, Rabu, 29 Januari 2020.

Mauliddah adalah peserta CPNS yang mendaftar untuk formasi Keperawatan di RSUD Haji Makassar. Nilai yang ia peroleh mencapai 440 dengan nilai Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 135 poin, Tes Intelegensia Umum (TIU) 165 dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 140 poin dari 100 soal.

Mauliddah menyebutkan, dirinya hanya mempersiapkan diri dengan belajar dengan melihat cara pemecahan soal melalui youtube.

“Materi yang ada di youtube banyak kesamaan dengan soal yang ada sekarang juga belajar teknik khusus dari tes tes sebelumnya,” jelas Mauliddah.

Sementara, Eka Sriyana memperoleh nilai 410 dari 100 soal yang dikerjakan. Eka yang tengah mengandung anak partama bertutur, sempat didoakan Wagub Andi Sudirman agar lulus dalm ujian CPNS.

“Iya, tadi sempat ketemu bapak (Wagub) sebelum tes, dan beliau ikut mendoakan agar saya lulus tes,” ungkap Eka.

Ia bertutur bahwa panitia seleksi CPNS lingkup Pemrov Sulsel memprioritaskan dirinya untuk mengikuti tes lebih awal karrna kondisinyabyng tengah hamil delapan bulan.

Pada pelaksanaan seleksi hari kedua, Wakil Gubernur mengunjungi setiap pos tahapan pelaksanaan seleksi. Mulai dari registrasi peserta, ruang tunggu peserta, pos penitipan barang, hingga mengunjungi ruang pelaksanaan seleksi berbasis CAT. Wakil gubernur juga menyempatkan berbincang dengan peserta ujian yang berada di ruang tunggu.

Kepala Bidang Perencanaan Dan Informasi ASN BKD Sulsel, Taufik Akbar, juga mengajak Wakil Gubernur dalam peninjauannya untuk melihat langsung layar Live Score Point yang berfungsi menampilkan secara langsung nilai tes dari para peserta yang mengikuti ujian berbasis CAT.

Dalam kunjungannya ini, Wakil Gubernur Andi Sudirman memastikan agar pelaksanaan tes berjalan lancar dan sesuai rencana. Ia mengatakan, hal ini patut disyukuri karena semua berjalan dengan baik dan tidak ada masalah jaringan.

“Alhamdulliah semua berjalan baik dan sesuai rencana, semua sistem digitalnya sampai saat ini tidak ada masalah, sehingga BKN mengapresiasi kita dengan fasilitas yang kita miliki dengan sistem yang kita miliki,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama setelah melakukan peninjauan pelaksanaan seleksi CPNS ini, Wakil Gubernur Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan harapannya agar seleksi calon pegawai negeri ini kedepannya menghasilkan pegawai yang kompeten di bidangnya.

“Dengan dilaksanakannya seleksi CPNS berbasis CAT ini dan kuota yang kita butuhkan, kita mengharapkan kedepannya hasil yang tersaring adalah pegawai yang betul-betul kompeten dan kapabel di bidangnya. Dan saya rasa beberapa tahun ini sudah bagus hasil-hasil dari tes yang terpusat dengan komputerisasi sistem,” terangnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *